Beranda » Aplikasi » Contoh Application Letter: Panduan Lengkap dan Terperinci

Contoh Application Letter: Panduan Lengkap dan Terperinci

Contoh Application Letter: Panduan Lengkap dan Terperinci

Application letter, atau surat lamaran kerja, merupakan salah satu dokumen penting dalam mencari pekerjaan. Surat ini berfungsi untuk mengajukan diri sebagai kandidat yang potensial kepada perusahaan yang sedang membuka lowongan pekerjaan. Namun, membuat application letter yang baik dan menarik seringkali menjadi tantangan tersendiri bagi banyak orang.

Artikel ini akan memberikan contoh application letter yang unik, terperinci, dan komprehensif. Kami akan membahas langkah-langkah penting dalam membuat surat lamaran kerja yang efektif, serta memberikan tips dan trik untuk meningkatkan peluang Anda dalam mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Apakah Anda sedang mencari pekerjaan baru atau ingin mengubah karier Anda? Jangan lewatkan panduan lengkap ini. Mari kita mulai dengan memahami komponen-komponen penting dalam sebuah application letter.

Informasi Kontak

Pada bagian ini, tuliskan nama lengkap Anda, alamat, nomor telepon, dan alamat email. Pastikan informasi kontak yang Anda berikan valid dan mudah dihubungi oleh pihak perusahaan. Anda juga dapat menyertakan tautan ke profil LinkedIn atau portofolio profesional Anda jika relevan dengan posisi yang Anda lamar.

Contoh:

Nama: John Doe

Alamat: Jalan Raya No. 123, Jakarta

Nomor Telepon: 081234567890

Email: johndoe@example.com

Tanggal Penulisan

Sebelum memulai surat lamaran kerja Anda, cantumkan tanggal penulisan di sebelah kanan atas. Ini adalah cara profesional untuk memberitahukan pihak perusahaan tentang waktu penulisan surat. Pastikan Anda menggunakan format tanggal yang umum digunakan di negara Anda.

Contoh:

Jakarta, 15 Juni 2022

Nama Perusahaan dan Alamat

Selanjutnya, tuliskan nama perusahaan yang Anda lamar dan alamatnya. Pastikan Anda mencantumkan alamat yang tepat agar surat Anda tidak tersesat. Jika Anda tidak mengetahui alamat lengkap perusahaan, Anda dapat mencarinya melalui situs web mereka atau menghubungi pusat informasi perusahaan.

Contoh:

PT Contoh Perusahaan

Jalan Sudirman No. 456, Jakarta

Salam Pembuka

Pada bagian ini, sampaikan salam pembuka dengan menyebutkan nama orang yang bertanggung jawab atas penerimaan lamaran kerja, misalnya “Kepada Bapak/Ibu HRD” atau “Kepada Tim Rekrutmen”. Hal ini menunjukkan bahwa Anda telah melakukan riset tentang perusahaan tersebut dan menunjukkan rasa hormat kepada penerima surat.

Contoh:

Kepada Bapak/Ibu HRD,

Atau

Kepada Tim Rekrutmen PT Contoh Perusahaan,

Pengenalan Diri

Di bagian ini, jelaskan siapa Anda, latar belakang pendidikan, dan pengalaman kerja yang relevan dengan posisi yang Anda lamar. Berikan informasi singkat dan padat agar pembaca dapat langsung melihat kualifikasi Anda. Anda dapat menjelaskan pendidikan terakhir yang Anda tempuh, gelar yang Anda peroleh, dan bidang studi atau keahlian khusus yang Anda kuasai.

Contoh:

Nama saya adalah John Doe, lulusan S1 Akuntansi dari Universitas ABC dengan gelar Magna Cum Laude. Selama studi saya, saya mendapatkan pemahaman yang kuat tentang prinsip akuntansi dan keterampilan analisis keuangan yang mendalam.

Selain itu, saya juga telah memiliki pengalaman kerja selama dua tahun sebagai akuntan junior di sebuah perusahaan konsultan keuangan terkemuka. Selama masa kerja saya, saya bertanggung jawab untuk menyusun laporan keuangan, melakukan analisis biaya, dan memberikan saran strategis kepada klien. Pengalaman ini telah memperluas pemahaman saya tentang dunia bisnis dan kemampuan saya dalam menyelesaikan tugas dengan hati-hati dan akurat.

Motivasi Melamar Pekerjaan

Jelaskan mengapa Anda tertarik dengan perusahaan tersebut dan posisi yang sedang dibuka. Sampaikan dengan jujur dan tulus mengapa Anda merasa cocok untuk pekerjaan tersebut. Fokuskan pada kualitas perusahaan yang menarik bagi Anda, seperti reputasi perusahaan, budaya kerja, atau peluang pengembangan karier yang ditawarkan.

Contoh:

Saya tertarik untuk bergabung dengan PT Contoh Perusahaan karena reputasinya sebagai perusahaan terkemuka di bidang konsultan keuangan dan komitmen mereka terhadap kualitas layanan. Saya sangat mengagumi dedikasi perusahaan dalam memberikan solusi keuangan yang inovatif kepada klien-klien mereka.

Selain itu, saya juga terkesan dengan budaya kerja yang terbuka dan kolaboratif yang diterapkan oleh PT Contoh Perusahaan. Saya percaya bahwa lingkungan kerja yang positif dan mendukung dapat mendorong kreativitas dan inovasi. Saya yakin bahwa dengan bergabung dengan PT Contoh Perusahaan, saya akan memiliki kesempatan untuk terus belajar dan berkembang serta memberikan kontribusi yang berarti bagi perusahaan dan klien-klien kami.

Keahlian dan Kualifikasi

Di bagian ini, jelaskan keahlian dan kualifikasi yang Anda miliki yang relevan dengan posisi yang Anda lamar. Berikan contoh konkret dan bukti nyata yang mendukung pernyataan Anda. Fokuskan pada keahlian yang paling penting dan relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar, seperti keterampilan teknis, bahasa yang dikuasai, atau keahlian dalam menggunakan perangkat lunak tertentu.

Contoh:

Selama pengalaman kerja saya sebagai akuntan junior, saya telah mengembangkan keterampilan yang kuat dalam menggunakan perangkat lunak akuntansi seperti SAP dan Excel. Saya juga memiliki pemahaman yang mendalam tentang proses audit dan pengendalian keuangan. Saya percaya bahwa keahlian ini akan memungkinkan saya untuk dengan cepat beradaptasi dengan sistem dan prosedur yang digunakan di PT Contoh Perusahaan.

Selain itu, saya juga memiliki kemampuan komunikasi yang baik dan mampu bekerja secara efektif dalam tim. Saya terbiasa berkoordinasi dengan berbagai pihak, termasuk rekan kerja, atasan, dan klien. Saya percaya bahwa kemampuan komunikasi yang kuat merupakan faktor kunci dalam mencapai keberhasilan dalam pekerjaan.

Pernyataan Pengalaman Kerja

Jelaskan pengalaman kerja yang relevan yang Anda miliki, termasuk tanggung jawab dan prestasi yang telah Anda capai di pekerjaan sebelumnya. Ini akan memberikan gambaran kepada pihak perusahaan tentang kemampuan dan dedikasi Anda. Jelaskan secara singkat peran Anda dalam setiap pekerjaan, tugas yang Anda lakukan, serta dampak yang Anda berikan kepada perusahaan atau proyek yang Anda kerjakan.

Contoh:

Sebelumnya, saya bekerja di PT XYZ sebagai akuntan junior. Selama dua tahun di perusahaan tersebut, saya bertanggung jawab untuk mempersiapkan laporan keuangan bulanan, melakukan analisis biaya, dan mengatur jadwal audit internal. Saya juga terlibat dalam proyek pengembangan sistem akuntansi baru yang berhasil meningkatkan efisiensi dan akurasi pelaporan keuangan perusahaan.

Selain itu, saya juga berhasil mengimplementasikan kebijakan pengendalian keuangan yang lebih ketat, yang mengurangi risiko keuangan perusahaan. Saya merasa bangga dengan kontribusi saya dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional perusahaandalam hal pengelolaan keuangan.

Contoh:

Sebelumnya, saya bekerja di PT XYZ sebagai akuntan junior. Selama dua tahun di perusahaan tersebut, saya bertanggung jawab untuk mempersiapkan laporan keuangan bulanan, melakukan analisis biaya, dan mengatur jadwal audit internal. Saya juga terlibat dalam proyek pengembangan sistem akuntansi baru yang berhasil meningkatkan efisiensi dan akurasi pelaporan keuangan perusahaan.

Selain itu, saya juga berhasil mengimplementasikan kebijakan pengendalian keuangan yang lebih ketat, yang mengurangi risiko keuangan perusahaan. Saya merasa bangga dengan kontribusi saya dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional perusahaan.

Pernyataan Keinginan untuk Melakukan Wawancara

Akhiri surat lamaran kerja Anda dengan menyatakan keinginan Anda untuk melakukan wawancara lanjutan. Berikan informasi kontak Anda yang dapat dihubungi, seperti nomor telepon dan alamat email, sehingga pihak perusahaan dapat menghubungi Anda dengan mudah. Tunjukkan antusiasme dan ketersediaan Anda untuk menjawab pertanyaan lebih lanjut dan menjelaskan lebih detail mengenai kualifikasi dan pengalaman Anda.

Contoh:

Saya sangat berharap dapat diberikan kesempatan untuk bertemu dengan Anda dan menjelaskan lebih lanjut mengenai pengalaman, kualifikasi, dan motivasi saya. Saya siap untuk melakukan wawancara kapanpun yang paling memudahkan Bapak/Ibu HRD atau Tim Rekrutmen. Saya dapat dihubungi melalui nomor telepon 081234567890 atau melalui email johndoe@example.com. Terima kasih atas perhatiannya dan saya berharap dapat segera mendengar kabar baik dari Bapak/Ibu.

Penutup

Pada bagian penutup, sampaikan salam penutup dengan sopan, seperti “Hormat saya” atau “Terima kasih atas perhatiannya”. Tandatangani surat lamaran kerja Anda di bawah salam penutup tersebut. Pastikan untuk menuliskan nama lengkap Anda dengan jelas di bawah tanda tangan.

Contoh:

Hormat saya,

John Doe

Proofreading dan Edit Terakhir

Sebelum mengirimkan surat lamaran kerja Anda, lakukan proofreading dan edit terakhir untuk memastikan tidak ada kesalahan tata bahasa, ejaan, atau penulisan. Pastikan surat Anda terlihat profesional dan tertata dengan baik. Periksa kembali kesesuaian format tanggal, kejelasan informasi kontak, dan kelengkapan isi surat.

Contoh:

Setelah menyelesaikan penulisan surat lamaran kerja, lakukanlah proofreading dengan cermat. Periksa tata bahasa, ejaan, dan penulisan secara menyeluruh. Pastikan bahwa surat Anda tidak mengandung kesalahan atau kekeliruan yang dapat mengurangi kesan profesional dan kompeten.

Mencari Feedback

Jika memungkinkan, mintalah teman atau anggota keluarga untuk membaca surat lamaran kerja Anda dan memberikan feedback. Pendapat dan saran dari orang lain dapat membantu Anda memperbaiki surat lamaran kerja Anda. Mereka dapat memberikan pandangan objektif dan memberikan saran yang berharga untuk meningkatkan kualitas surat Anda.

Contoh:

Selain melakukan proofreading sendiri, sangat disarankan untuk meminta bantuan orang lain untuk membaca dan memberikan masukan tentang surat lamaran kerja Anda. Mereka mungkin dapat memberikan perspektif baru, menemukan kesalahan yang Anda lewatkan, atau memberikan saran dalam hal penyusunan kalimat atau penekanan poin-poin penting.

Mengikuti Petunjuk dan Persyaratan

Selalu perhatikan petunjuk dan persyaratan yang diberikan oleh perusahaan. Pastikan Anda melengkapi semua dokumen yang diminta dan mengikuti instruksi dengan teliti. Setiap perusahaan memiliki persyaratan yang berbeda-beda, seperti lampiran CV, transkrip nilai, atau sertifikat pendukung. Pastikan Anda memenuhi semua persyaratan yang diminta agar lamaran Anda tidak ditolak secara otomatis.

Contoh:

Sebelum mengirimkan surat lamaran kerja, pastikan Anda telah membaca dan memahami petunjuk yang diberikan oleh perusahaan secara menyeluruh. Periksa apakah ada dokumen tambahan yang diminta, seperti CV atau portofolio, dan pastikan Anda melampirkannya sesuai dengan petunjuk yang diberikan. Jika ada persyaratan yang tidak Anda penuhi, pertimbangkan apakah Anda dapat memberikan penjelasan atau alternatif yang relevan.

Mengirimkan Surat Lamaran Kerja

Setelah yakin surat lamaran kerja Anda sudah sempurna, kirimkan melalui email atau pos sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh perusahaan. Pastikan Anda mengirimkan surat lamaran kerja sebelum batas waktu yang ditentukan. Jika mengirim melalui email, jangan lupa untuk mencantumkan subjek email yang relevan, seperti “Lamaran Pekerjaan – [Nama Posisi] – [Nama Anda]”.

Contoh:

Berikut adalah beberapa tips saat mengirimkan surat lamaran kerja:

– Jika mengirim melalui email, pastikan subjek email mencantumkan informasi yang relevan, seperti nama posisi yang Anda lamar dan nama Anda sendiri.

– Lampirkan surat lamaran kerja dalam format PDF atau dokumen yang umum digunakan.

– Jika mengirim melalui pos, pastikan Anda melengkapi semua dokumen yang diminta, seperti CV dan transkrip nilai, dan pastikan alamat tujuan dan kode pos yang tercantum benar.

– Periksa kembali alamat pengiriman, baik itu alamat email atau alamat pos, untuk memastikan tidak ada kesalahan penulisan.

– Pastikan Anda mengirimkan surat lamaran kerja sebelum batas waktu yang ditentukan. Jika perusahaan tidak memberikan batas waktu, sebaiknya kirim surat lamaran kerja sesegera mungkin setelah Anda menyelesaikannya.

Mengikuti Upaya Tindak Lanjut

Jika dalam beberapa minggu Anda belum mendapatkan tanggapan dari perusahaan, jangan ragu untuk mengirimkan email tindak lanjut atau menelepon untuk menanyakan perkembangan lamaran kerja Anda. Tunjukkan ketertarikan dan antusiasme Anda terhadap posisi tersebut. Jangan lupa untuk tetap sopan dan profesional dalam setiap komunikasi yang Anda lakukan.

Contoh:

Jika Anda belum mendapatkan tanggapan dari perusahaan dalam waktu dua minggu setelah mengirimkan surat lamaran kerja, Anda dapat mengirimkan email tindak lanjut untuk menanyakan perkembangan lamaran Anda. Berikan ucapan terima kasih atas waktu dan perhatian yang telah mereka berikan kepada Anda. Sampaikan keinginan Anda untuk mendapatkan update mengenai status lamaran Anda dan tanyakan apakah ada informasi tambahan yang mereka perlukan dari Anda.

Contoh email tindak lanjut:

———————————————

Subject: Permintaan Update Lamaran Pekerjaan

Kepada Bapak/Ibu HRD atau Tim Rekrutmen,

Saya, John Doe, ingin mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah Bapak/Ibu berikan kepada saya untuk melamar di PT Contoh Perusahaan. Saya ingin mengetahui apakah terdapat perkembangan mengenai lamaran pekerjaan yang saya ajukan untuk posisi [Nama Posisi] pada tanggal 15 Juni 2022.

Saya tetap sangat tertarik dengan peluang kerja di PT Contoh Perusahaan dan saya berharap dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi perusahaan. Saya siap untuk melakukan wawancara atau mengirimkan informasi tambahan apabila diperlukan. Jika ada informasi yang perlu saya perbarui atau dokumen tambahan yang diperlukan, mohon beri tahu saya agar saya dapat segera mengirimkannya kepada Bapak/Ibu.

Sekali lagi, saya mengucapkan terima kasih atas perhatian dan kesempatan yang telah diberikan kepada saya. Saya sangat antusias untuk bergabung dengan PT Contoh Perusahaan dan berkontribusi pada kesuksesan perusahaan.

Hormat saya,

John Doe

———————————————

Dalam mencari pekerjaan, surat lamaran kerja memiliki peranan yang penting. Dengan mengikuti contoh application letter yang telah kami berikan, Anda akan memiliki panduan yang jelas untuk membuat surat lamaran kerja yang efektif dan menarik bagi perusahaan yang Anda lamar.

Ingatlah untuk selalu menyesuaikan surat lamaran kerja Anda dengan posisi yang Anda lamar, serta menunjukkan motivasi dan keahlian Anda yang relevan. Dengan tekun dan kerja keras, Anda dapat meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang diimpikan.

Jangan lupa untuk terus mengasah keterampilan, mencari peluang pengembangan diri, dan tetap optimis dalam mencari pekerjaan baru. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dalam menulis application letter yang unik, terperinci, dan komprehensif. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Leave a Comment