Beranda » Tekno » Cara Menyembunyikan Aplikasi di iPhone: Panduan Lengkap dan Terperinci

Cara Menyembunyikan Aplikasi di iPhone: Panduan Lengkap dan Terperinci

Apakah Anda ingin menjaga privasi dan kerahasiaan aplikasi di iPhone Anda? Jika ya, Anda berada di tempat yang tepat! Dalam artikel blog ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara menyembunyikan aplikasi di iPhone Anda. Kami akan menjelaskan langkah-langkah yang perlu Anda ikuti dengan rinci dan memberikan tips serta trik tambahan untuk memastikan aplikasi-aplikasi Anda tetap tersembunyi dengan aman.

Memiliki kemampuan untuk menyembunyikan aplikasi di iPhone sangatlah penting bagi banyak pengguna. Ada beberapa alasan mengapa seseorang ingin menyembunyikan aplikasi, mulai dari menjaga privasi hingga menghindari gangguan dari aplikasi tertentu. Dalam panduan ini, kami akan membahas beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk menyembunyikan aplikasi di iPhone Anda, mulai dari menggunakan folder tersembunyi hingga menggunakan fitur batasan layar dan aplikasi pihak ketiga. Mari kita bahas satu per satu.

Daftar Isi

Menggunakan Folder Tersembunyi

Metode pertama yang dapat Anda gunakan untuk menyembunyikan aplikasi di iPhone Anda adalah dengan menggunakan folder tersembunyi. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Langkah 1: Buat Folder Baru

Untuk memulai, buatlah folder baru di layar beranda iPhone Anda. Caranya adalah dengan menahan jari Anda pada salah satu aplikasi hingga semua aplikasi bergetar dan ada tanda silang di sudut kiri atas aplikasi. Kemudian, seret aplikasi yang ingin Anda sembunyikan di atas aplikasi lainnya untuk membuat folder baru.

Langkah 2: Pilih Aplikasi yang Ingin Disembunyikan

Setelah folder baru terbentuk, pilih aplikasi-aplikasi yang ingin Anda sembunyikan. Caranya adalah dengan menahan jari Anda di atas aplikasi yang ingin Anda sembunyikan hingga aplikasi bergetar dan kemudian seret aplikasi tersebut ke dalam folder baru yang telah Anda buat.

Langkah 3: Geser Halaman Folder

Setelah semua aplikasi yang ingin Anda sembunyikan berada di dalam folder, geser halaman folder ke sebelah kiri hingga muncul halaman baru yang kosong. Dengan cara ini, folder tersebut akan tersembunyi dan aplikasi-aplikasi di dalamnya tidak akan terlihat di layar beranda iPhone Anda.

Menggunakan folder tersembunyi adalah salah satu cara termudah dan paling efektif untuk menyembunyikan aplikasi di iPhone Anda. Anda dapat mengatur folder sesuai keinginan Anda, misalnya dengan memberi nama folder yang tidak mencurigakan atau mengelompokkan aplikasi berdasarkan jenisnya. Hal ini akan memudahkan Anda dalam mencari dan mengakses aplikasi-aplikasi yang disembunyikan.

Menyembunyikan Aplikasi dengan Batasan Layar

Jika Anda ingin menyembunyikan aplikasi secara sementara dan tidak ingin membuat folder tersembunyi, Anda dapat menggunakan fitur batasan layar di iPhone. Dengan fitur ini, Anda dapat membatasi akses ke aplikasi-aplikasi tertentu dengan menggunakan kata sandi atau Touch ID. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka Pengaturan Waktu Layar

Untuk menggunakan fitur batasan layar, buka Pengaturan di iPhone Anda dan pilih “Waktu Layar & Kode Akses”.

Langkah 2: Aktifkan Fitur Waktu Layar

Pada halaman Waktu Layar & Kode Akses, aktifkan fitur Waktu Layar dengan menggeser tombol ke kanan. Anda akan diminta untuk mengatur kode akses atau menggunakan Touch ID sebagai metode keamanan.

Langkah 3: Pilih Aplikasi yang Ingin Disembunyikan

Setelah mengatur pengaturan Waktu Layar, pilih “Aplikasi yang Diizinkan” dan pilih aplikasi-aplikasi yang ingin Anda sembunyikan. Anda dapat memilih aplikasi-aplikasi tertentu atau memilih opsi “Semua Aplikasi” untuk membatasi akses ke semua aplikasi di iPhone Anda.

Langkah 4: Buka Aplikasi dengan Kode Akses atau Touch ID

Setelah semua pengaturan selesai, saat Anda mengunci layar iPhone Anda dan membuka aplikasi-aplikasi yang terbatas, Anda akan diminta memasukkan kode akses atau menggunakan Touch ID untuk membuka aplikasi tersebut. Dengan cara ini, aplikasi-aplikasi yang Anda sembunyikan akan tetap tersembunyi dan hanya dapat diakses dengan kode akses atau menggunakan Touch ID.

Menggunakan fitur batasan layar merupakan metode yang efektif untuk menyembunyikan aplikasi di iPhone Anda. Anda dapat mengatur batasan layar sesuai keinginan Anda, misalnya dengan mengatur waktu tertentu di mana aplikasi-aplikasi tertentu tidak dapat diakses. Metode ini sangat berguna jika Anda ingin membatasi akses anak-anak atau orang lain yang menggunakan perangkat Anda.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda mencari alternatif lain untuk menyembunyikan aplikasi di iPhone, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk tujuan ini. Beberapa aplikasi pihak ketiga yang populer termasuk App Hider, Hide App, dan AppLock. Namun, perlu diingat bahwa menggunakan aplikasi pihak ketiga dapat membawa risiko keamanan, oleh karena itu, pastikan Anda memilih aplikasi yang terpercaya dan membaca ulasan pengguna sebelum menginstalnya.

Langkah 1: Cari dan Unduh Aplikasi Pihak Ketiga

Langkah pertama adalah mencari dan mengunduh aplikasi pihak ketiga yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan Anda memilih aplikasi yang terpercaya dan memiliki ulasan positif dari pengguna lain.

Langkah 2: Instal dan Buka Aplikasi

Setelah mengunduh aplikasi pihak ketiga, instal dan buka aplikasi tersebut di iPhone Anda. Ikuti petunjuk yang diberikan untuk mengatur dan mengkonfigurasi aplikasi sesuai kebutuhan Anda.

Langkah 3: Pilih Aplikasi yang Ingin Disembunyikan

Setelah mengatur aplikasi pihak ketiga, pilih aplikasi-aplikasi yang ingin Anda sembunyikan. Cara penyembunyian aplikasi dapat bervariasi tergantung pada aplikasi yang Anda gunakan, tetapi umumnya Anda dapat memilih aplikasi dari daftar yang disediakan dan mengkonfirmasi untuk menyembunyikannya.

Langkah 4: Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga untuk Mengakses Aplikasi yang Disembunyikan

Setelah aplikasi-aplikasi yang ingin Anda sembunyikan telah diatur, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengakses dan membuka aplikasi-aplikasi tersebut. Setiap aplikasi pihak ketiga memiliki antarmuka yang berbeda, tetapi umumnya Anda akan diminta memasukkan kata sandi atau menggunakan metode keamanan lainnya untuk membuka aplikasi yang disembunyikan.

Penggunaan aplikasi pihak ketiga dapat memberikan fleksibilitas yang lebih dalam menyembunyikan aplikasi di iPhone Anda. Namun, perlu diingat bahwa menggunakan aplikasi pihak ketiga dapat membawa risiko keamanan, terutama jika aplikasi tersebut tidak terpercaya atau tidak diunduh dari sumber yang terpercaya. Pastikan Anda membaca ulasan pengguna, memeriksa kebijakan privasi aplikasi, dan melakukan penelitian lebih lanjut sebelum menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Menyembunyikan Riwayat Pembelian Aplikasi

Selain menyembunyikan aplikasi di layar beranda iPhone Anda, Anda juga dapat menyembunyikan riwayat pembelian aplikasi di App Store. Dengan cara ini, orang lain yang menggunakan perangkat Anda tidak akan dapat melihat aplikasi-aplikasi yang pernah Anda beli. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka App Store

Untuk memulai, buka App Store di iPhone Anda dan pilih ikon gambar profil Anda di bagian kanan atas layar.

Langkah 2: Pilih “Pembelian”

Setelah itu, pilih “Pembelian” dari menu yang muncul. Halaman ini akan menampilkan daftar semua aplikasi yang pernah Anda beli di App Store.

Langkah 3: Sembunyikan Semua Riwayat Pembelian

Gulir ke bawah halaman dan temukan opsi “Sembunyikan Semua”. Pilih opsi ini untuk menyembunyikan seluruh riwayat pembelian aplikasi Anda di App Store.

Langkah 4: Riwayat Pembelian Tidak Terlihat

Setelah Anda memilih opsi “Sembunyikan Semua”, riwayat pembelian aplikasi Anda tidak akan terlihat lagi di App Store. Ini berarti aplikasi-aplikasi yang Anda beli tidak akan terlihat oleh orang lain yang menggunakan perangkat Anda.

Dengan menyembunyikan riwayat pembelian aplikasi di App Store, Anda dapat menjaga privasi dan mencegah orang lain melihat aplikasi-aplikasi yang Anda miliki. Ini berguna jika Anda ingin menjaga kerahasiaan atau hanya ingin membatasi akses orang lain terhadap aplikasi-aplikasi tertentu yang telah Anda beli.

Menyembunyikan Notifikasi Aplikasi

Jika Anda ingin menghindari notifikasi aplikasi yang terlihat di layar kunci iPhone Anda, Anda dapat menyembunyikannya. Dengan cara ini, hanya Anda yang akan melihat notifikasi aplikasi saat membuka dan mengakses perangkat Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka Pengaturan

Untuk memulai, buka Pengaturan di iPhone Anda dan pilih “Notifikasi”.

Langkah 2: Pilih Aplikasi yang Ingin Disembunyikan Notifikasinya

Gulir ke bawah dan temukan aplikasi yang ingin Anda sembunyikan notifikasinya. Ketuk aplikasi tersebut untuk masuk ke pengaturan notifikasi aplikasi tersebut.

Langkah 3: Matikan Notifikasi di Layar Kunci

Di halaman pengaturan notifikasi aplikasi, matikan tombol notifikasi di layar kunci untuk aplikasi tersebut. Dengan cara ini, notifikasi aplikasi tersebut tidak akan terlihat di layar kunci iPhone Anda.

Langkah 4: Atur Pengaturan Notifikasi Lainnya

Selain itu, Anda juga dapat mengatur pengaturan notifikasi lainnya sesuai keinginan Anda. Misalnya, Anda dapat mematikan suara notifikasi, mengatur tampilan notifikasi, atau menentukan apakah notifikasi harus muncul sebagai banner atau di pusat notifikasi.

Dengan menyembunyikan notifikasi aplikasi di layar kunci iPhone Anda, Anda dapat menjaga privasi dan menghindari orang lain melihat konten notifikasi yang muncul di perangkat Anda. Ini berguna jika Anda ingin menjaga kerahasiaan pesan atau informasi pribadi yang masuk melalui aplikasi-aplikasi tertentu.

Membuat Akun Terpisah untuk Aplikasi

Jika Anda ingin menyembunyikan aplikasi dengan menggunakan akun terpisah, Anda dapat memanfaatkan fitur “Pemisahan Akun” di iPhone. Dengan cara ini, Anda dapat memiliki dua akun dengan aplikasi yang berbeda-beda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka Pengaturan

Untuk memulai, buka Pengaturan di iPhone Anda dan pilih “Pemisahan Akun” atau “Akun Ganda”.

Langkah 2: Ikuti Instruksi untuk Membuat Akun Terpisah

Ikuti instruksi yang muncul untuk membuat akun terpisah dengan aplikasi yang ingin Anda sembunyikan. Anda akan diminta untuk mengisi informasi akun, seperti nama, alamat email, dan kata sandi.

Langkah 3: Buka Aplikasi dengan Akun Terpisah

Saat Anda ingin menggunakan aplikasi yang tersembunyi, buka aplikasi Pengaturan dan pilih akun terpisah yang telah Anda buat. Setelah itu, Anda dapat mengakses dan menggunakan aplikasi-aplikasi yang terkait dengan akun terpisah tersebut.

Langkah 4: Tetapkan Keamanan untuk Akun Terpisah

Untuk menjaga keamanan akun terpisah, pastikan Anda mengatur pengaturan keamanan yang sesuai, seperti menggunakan kata sandi yang kuat atau menggunakan Touch ID untuk membuka akun terpisah.

Dengan menggunakan akun terpisah untuk aplikasi, Anda dapat menyembunyikan dan memisahkan aplikasi-aplikasi tertentu dari akun utama Anda. Ini berguna jika Anda ingin memiliki aplikasi-aplikasi pribadi yang tidak terlihat oleh orang lain yang menggunakan perangkat Anda.

Menggunakan Mode Penyamaran

Jika Anda ingin menyembunyikan aplikasi dengan lebih aman dan tidak terdeteksi, Anda dapat menggunakan mode penyamaran di iPhone Anda. Dengan cara ini, aplikasi yang Anda sembunyikan akan sepenuhnya tersembunyi dan tidak akan bisa ditemukan oleh siapapun. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka Pengaturan

Untuk memulai, buka Pengaturan di iPhone Anda dan pilih “Umum”.

Langkah 2: Buka Pengaturan Aksesibilitas

Gulir ke bawah dan pilih “Aksesibilitas”. Di halaman Aksesibilitas, Anda akan menemukan berbagai opsi pengaturan yang dapat Anda sesuaikan.

Langkah 3: Aktifkan Fitur Penyamaran

Pilih “Keterangan Layar” dan aktifkan tombol “Aksesibilitas Penyamaran”. Dengan cara ini, mode penyamaran akan diaktifkan di iPhone Anda.

Langkah 4: Sembunyikan Aplikasi dengan Penyamaran

Kembali ke layar beranda iPhone Anda dan buka aplikasi yang ingin Anda sembunyikan. Geser layar ke atas hingga aplikasi tersebut sepenuhnya tersembunyi dan tidak terlihat. Dengan cara ini, aplikasi yang Anda sembunyikan akan benar-benar tersembunyi dan tidak akan terlihat oleh siapapun.

Penggunaan mode penyamaran adalah metode yang efektif untuk menyembunyikan aplikasi dengan sangat aman. Dalam mode ini, aplikasi-aplikasi yang Anda sembunyikan tidak akan terlihat di layar beranda iPhone Anda, bahkan ketika seseorang mencari aplikasi tersebut secara manual atau menggunakan fitur pencarian di iPhone.

Menggunakan Siri untuk Menyembunyikan Aplikasi

Siri juga dapat membantu Anda menyembunyikan aplikasi di iPhone dengan mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Aktifkan Siri

Aktifkan Siri di iPhone Anda dengan mengucapkan “Hai Siri” atau menekan tombol Home atau Side, tergantung pada model iPhone yang Anda miliki.

Langkah 2: Sembunyikan Aplikasi dengan Perintah ke Siri

Ucapkan “Sembunyikan [nama aplikasi]” kepada Siri. Misalnya, Anda dapat mengucapkan “Sembunyikan Facebook” jika Anda ingin menyembunyikan aplikasi Facebook.

Langkah 3: Konfirmasi untuk Menyembunyikan Aplikasi

Siri akan memberikan opsi untuk menyembunyikan aplikasi tersebut. Pilih “Ya” atau “Sembunyikan” untuk mengonfirmasi perintah. Dengan cara ini, Siri akan menyembunyikanaplikasi yang Anda sebutkan.

Langkah 4: Aplikasi Tersembunyi

Setelah Anda mengonfirmasi perintah, aplikasi yang Anda sebutkan akan tersembunyi di iPhone Anda. Siri akan menghapus ikon aplikasi tersebut dari layar beranda dan mengatur ulang tata letak aplikasi lainnya untuk mengisi ruang yang kosong.

Menggunakan Siri untuk menyembunyikan aplikasi adalah metode yang mudah dan cepat. Anda dapat menyembunyikan aplikasi dalam hitungan detik hanya dengan menggunakan suara Anda. Namun, perlu diingat bahwa Siri hanya dapat menyembunyikan aplikasi bawaan yang terinstal di iPhone Anda, dan tidak dapat menyembunyikan aplikasi pihak ketiga.

Fitur Batasan di iPhone

Fitur “Batasan” di iPhone dapat digunakan untuk menyembunyikan aplikasi di perangkat Anda. Fitur ini memungkinkan Anda untuk membatasi akses ke aplikasi tertentu dengan menggunakan kata sandi atau Touch ID. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka Pengaturan

Buka Pengaturan di iPhone Anda dan pilih “Batasan”.

Langkah 2: Aktifkan Fitur Batasan

Di halaman Batasan, aktifkan fitur Batasan dengan menggeser tombol ke kanan. Anda akan diminta untuk mengatur kata sandi atau menggunakan Touch ID sebagai metode keamanan.

Langkah 3: Pilih Aplikasi yang Ingin Disembunyikan

Setelah mengatur pengaturan Batasan, gulir ke bawah dan pilih “Aplikasi Diizinkan”. Di halaman ini, Anda akan melihat daftar semua aplikasi yang terinstal di iPhone Anda.

Langkah 4: Matikan Aplikasi yang Ingin Disembunyikan

Pilih aplikasi-aplikasi yang ingin Anda sembunyikan dengan mematikan tombol di sebelah nama aplikasinya. Dengan cara ini, aplikasi-aplikasi yang Anda sembunyikan akan menjadi tidak dapat diakses oleh siapapun yang menggunakan perangkat Anda.

Langkah 5: Buka Aplikasi dengan Kata Sandi atau Touch ID

Saat Anda ingin membuka aplikasi yang terbatas, Anda akan diminta memasukkan kata sandi yang telah Anda atur atau menggunakan Touch ID sebagai metode keamanan. Setelah itu, Anda dapat mengakses dan menggunakan aplikasi tersebut seperti biasa.

Penggunaan fitur Batasan di iPhone memungkinkan Anda untuk mengontrol akses ke aplikasi tertentu dengan mudah. Anda dapat membatasi akses ke aplikasi-aplikasi yang sensitif atau pribadi, sehingga hanya Anda yang dapat membukanya dengan menggunakan kata sandi atau Touch ID.

Fitur “Pengaturan Waktu” di iPhone

Fitur “Pengaturan Waktu” di iPhone dapat membantu Anda menyembunyikan aplikasi di perangkat Anda dengan cara yang sederhana. Dengan cara ini, Anda dapat mengatur waktu tertentu di mana aplikasi-aplikasi tertentu tidak akan terlihat di layar beranda iPhone Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka Pengaturan

Buka Pengaturan di iPhone Anda dan pilih “Waktu & Tanggal”.

Langkah 2: Buka Pengaturan Waktu

Pada halaman Waktu & Tanggal, pilih “Pengaturan Waktu” dan atur waktu tertentu di mana Anda ingin menyembunyikan aplikasi-aplikasi tersebut. Misalnya, Anda dapat mengatur waktu dari pukul 10 malam hingga 6 pagi sebagai waktu di mana aplikasi-aplikasi tertentu tidak akan terlihat di layar beranda iPhone Anda.

Langkah 3: Aplikasi Tidak Terlihat

Saat waktu yang telah Anda atur tiba, aplikasi-aplikasi yang Anda tentukan tidak akan terlihat di layar beranda iPhone Anda. Namun, aplikasi-aplikasi tersebut masih tetap dapat diakses dengan menggunakan fitur pencarian di iPhone atau melalui folder aplikasi.

Dengan menggunakan fitur Pengaturan Waktu di iPhone, Anda dapat menyembunyikan aplikasi-aplikasi tertentu pada waktu-waktu tertentu sesuai keinginan Anda. Fitur ini berguna jika Anda ingin mengatur waktu istirahat dari aplikasi tertentu atau jika Anda ingin membatasi akses ke aplikasi selama periode tertentu.

Semoga panduan lengkap ini bermanfaat bagi Anda dalam menyembunyikan aplikasi di iPhone Anda. Ingatlah untuk menjaga keamanan perangkat Anda dan berhati-hati saat menggunakan aplikasi pihak ketiga. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah kami jelaskan, Anda dapat memastikan bahwa aplikasi-aplikasi Anda tetap tersembunyi dengan aman dan privasi Anda terjaga. Selamat mencoba!