Beranda » Tekno » Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Realme: Panduan Lengkap

Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Realme: Panduan Lengkap

Saat ini, smartphone sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Namun, terkadang ada beberapa aplikasi yang ingin kita sembunyikan dari pandangan orang lain, entah untuk alasan privasi atau sekadar mengatur tampilan antarmuka yang lebih rapi. Jika Anda menggunakan HP Realme, Anda beruntung, karena Realme menyediakan fitur bawaan yang memungkinkan Anda untuk menyembunyikan aplikasi tanpa perlu menginstal aplikasi pihak ketiga. Pada artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara menyembunyikan aplikasi di HP Realme. Simak informasi selengkapnya berikut ini!

Daftar Isi

Menggunakan Fitur Bawaan di HP Realme

Di bagian ini, kami akan memandu Anda langkah demi langkah untuk menggunakan fitur bawaan di HP Realme yang memungkinkan Anda menyembunyikan aplikasi secara efektif. Kami akan menjelaskan cara mengakses menu pengaturan dan mengatur aplikasi mana yang ingin disembunyikan.

Saat ini, HP Realme telah dilengkapi dengan fitur yang memungkinkan Anda menyembunyikan aplikasi tanpa perlu menginstal aplikasi pihak ketiga. Untuk mengakses fitur ini, pertama-tama, buka menu Pengaturan di HP Realme Anda. Cari dan pilih opsi ‘Aplikasi’ atau ‘Aplikasi dan Pemberitahuan’.

Setelah Anda masuk ke menu Aplikasi, Anda akan melihat daftar semua aplikasi yang terinstal di HP Realme Anda. Pilih aplikasi yang ingin Anda sembunyikan dari daftar tersebut.

Langkah 1: Akses Menu Pengaturan

Langkah pertama untuk menyembunyikan aplikasi di HP Realme adalah dengan mengakses menu pengaturan. Buka menu pengaturan di HP Realme Anda dengan menggeser layar ke atas dan menyentuh ikon ‘Pengaturan’ yang biasanya terletak di layar beranda atau di laci aplikasi.

Langkah 2: Pilih Opsi ‘Aplikasi’

Setelah Anda masuk ke menu Pengaturan, cari dan pilih opsi ‘Aplikasi’. Biasanya, opsi ini dapat ditemukan di bagian atas atau bagian tengah menu pengaturan, tergantung pada versi sistem operasi HP Realme Anda.

Langkah 3: Pilih Aplikasi yang Ingin Disembunyikan

Setelah Anda masuk ke menu Aplikasi, Anda akan melihat daftar semua aplikasi yang terinstal di HP Realme Anda. Pilih aplikasi yang ingin Anda sembunyikan dari daftar tersebut dengan menyentuh nama aplikasi tersebut.

Langkah 4: Aktifkan Fitur ‘Sembunyikan Aplikasi’

Setelah Anda memilih aplikasi yang ingin disembunyikan, gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi ‘Sembunyikan Aplikasi’ atau ‘Hide App’. Aktifkan opsi ini dengan menggeser tombol ke posisi aktif atau mengubah tanda centang menjadi hijau.

Setelah Anda mengaktifkan fitur ‘Sembunyikan Aplikasi’, aplikasi yang Anda pilih akan secara otomatis disembunyikan dari tampilan beranda dan laci aplikasi di HP Realme Anda. Namun, perlu diingat bahwa aplikasi yang disembunyikan masih dapat diakses melalui pencarian atau melalui pengaturan aplikasi.

Anda juga dapat mengembalikan aplikasi yang telah disembunyikan ke tampilan beranda dan laci aplikasi dengan mengikuti langkah-langkah yang sama dan mematikan fitur ‘Sembunyikan Aplikasi’ pada aplikasi yang ingin Anda tampilkan kembali.

Menerapkan Kata Sandi atau Pola Keamanan

Menyembunyikan aplikasi di HP Realme tentu merupakan langkah yang baik, tetapi bagaimana jika ada seseorang yang berhasil memecahkan kode keamanan Anda? Pada bagian ini, kami akan membahas pentingnya menerapkan kata sandi atau pola keamanan pada aplikasi yang disembunyikan dan bagaimana cara melakukannya di HP Realme.

Langkah 1: Akses Menu Pengaturan Keamanan

Langkah pertama untuk menerapkan kata sandi atau pola keamanan pada aplikasi yang disembunyikan adalah dengan mengakses menu pengaturan keamanan di HP Realme Anda. Buka menu pengaturan dengan menggeser layar ke atas dan menyentuh ikon ‘Pengaturan’ yang biasanya terletak di layar beranda atau di laci aplikasi.

Langkah 2: Pilih Opsi ‘Keamanan’

Setelah Anda masuk ke menu Pengaturan, cari dan pilih opsi ‘Keamanan’. Biasanya, opsi ini dapat ditemukan di bagian atas atau bagian tengah menu pengaturan, tergantung pada versi sistem operasi HP Realme Anda.

Langkah 3: Aktifkan Kode Sandi atau Pola

Setelah Anda memasuki menu Keamanan, cari opsi ‘Kunci Aplikasi’ atau ‘App Lock’. Aktifkan opsi ini dengan menggeser tombol ke posisi aktif atau mengubah tanda centang menjadi hijau.

Langkah 4: Tentukan Kode Sandi atau Pola

Setelah Anda mengaktifkan kunci aplikasi, Anda akan diminta untuk memilih jenis keamanan yang ingin Anda terapkan. Pilih antara kode sandi atau pola sesuai dengan preferensi Anda.

Langkah 5: Pilih Aplikasi yang Akan Dikunci

Setelah Anda menentukan jenis keamanan yang ingin Anda terapkan, Anda akan melihat daftar semua aplikasi yang terinstal di HP Realme Anda. Pilih aplikasi yang ingin Anda kunci dengan memilih kotak centang di sebelah nama aplikasi tersebut.

Langkah 6: Aktifkan Kunci Aplikasi

Setelah Anda memilih aplikasi yang ingin Anda kunci, tekan tombol ‘Terapkan’ atau ‘Apply’ untuk mengaktifkan kunci aplikasi. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memasukkan kode sandi atau pola yang telah Anda tentukan sebelumnya.

Setelah Anda mengaktifkan kunci aplikasi, setiap kali seseorang mencoba membuka aplikasi yang telah Anda kunci, mereka akan diminta untuk memasukkan kode sandi atau pola yang telah Anda tentukan sebelumnya. Ini akan memberikan tingkat keamanan tambahan pada aplikasi yang disembunyikan di HP Realme Anda.

Anda juga dapat dengan mudah menonaktifkan kunci aplikasi dengan mengikuti langkah-langkah yang sama dan mematikan opsi ‘Kunci Aplikasi’ pada aplikasi yang ingin Anda lepas dari kunci.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda ingin lebih canggih dalam menyembunyikan aplikasi di HP Realme, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang menyediakan fitur-fitur tambahan. Pada bagian ini, kami akan merekomendasikan beberapa aplikasi terbaik yang dapat Anda gunakan dan cara menggunakannya.

Rekomendasi Aplikasi Pihak Ketiga

Berikut adalah beberapa aplikasi pihak ketiga yang direkomendasikan untuk menyembunyikan aplikasi di HP Realme:

1. App Hider

App Hider adalah aplikasi yang memberikan fitur untuk menyembunyikan aplikasi di HP Realme. Anda dapat mengunduh App Hider dari Play Store dan mengikuti petunjuk instalasi yang diberikan oleh aplikasi. Setelah terpasang, App Hider akan memungkinkan Anda untuk menyembunyikan aplikasi dengan mudah dan mengatur keamanan tambahan seperti kata sandi atau pola.

2. Calculator Vault

Calculator Vault adalah aplikasi yang menyembunyikan aplikasi di HP Realme dengan menyamar sebagai kalkulator

2. Calculator Vault (lanjutan)

Calculator Vault adalah aplikasi yang menyembunyikan aplikasi di HP Realme dengan menyamar sebagai kalkulator. Setelah Anda mengunduh dan menginstal Calculator Vault, Anda dapat menyembunyikan aplikasi dengan mengikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi ini. Setiap kali Anda ingin mengakses aplikasi yang disembunyikan, Anda hanya perlu membuka Calculator Vault, memasukkan kata sandi atau pola yang telah Anda atur, dan aplikasi yang disembunyikan akan muncul.

3. Nova Launcher

Nova Launcher adalah aplikasi peluncur yang populer dan canggih untuk mengatur tampilan antarmuka di HP Realme. Selain itu, Nova Launcher juga menyediakan fitur untuk menyembunyikan aplikasi. Setelah Anda mengunduh dan menginstal Nova Launcher, Anda dapat mengatur aplikasi mana yang ingin disembunyikan dengan mengikuti pengaturan yang disediakan oleh aplikasi ini.

4. Apex Launcher

Apex Launcher adalah aplikasi peluncur yang serupa dengan Nova Launcher. Selain menyediakan fitur untuk mengatur tampilan antarmuka, Apex Launcher juga memiliki opsi untuk menyembunyikan aplikasi. Setelah Anda mengunduh dan menginstal Apex Launcher, Anda dapat mengatur aplikasi mana yang ingin disembunyikan dengan mengikuti pengaturan yang disediakan oleh aplikasi ini.

Dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti App Hider, Calculator Vault, Nova Launcher, atau Apex Launcher, Anda dapat memiliki lebih banyak kontrol dalam menyembunyikan aplikasi di HP Realme Anda. Pastikan untuk membaca petunjuk penggunaan dari masing-masing aplikasi ini untuk memastikan Anda dapat memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan dengan maksimal.

Mengatur Tampilan Antarmuka

Selain menyembunyikan aplikasi, Anda juga dapat mengatur tampilan antarmuka pada HP Realme agar terlihat lebih rapi. Pada bagian ini, kami akan menjelaskan bagaimana cara mengelompokkan aplikasi dalam folder, mengubah urutan tampilan aplikasi, dan mengatur tema yang sesuai dengan preferensi Anda.

Mengelompokkan Aplikasi dalam Folder

Salah satu cara untuk mengatur tampilan antarmuka HP Realme Anda adalah dengan mengelompokkan aplikasi dalam folder. Dengan mengelompokkan aplikasi yang serupa dalam folder, Anda dapat dengan mudah menemukan aplikasi yang Anda cari dan mengurangi kekacauan di layar beranda.

Untuk membuat folder, cukup tahan jari Anda pada ikon aplikasi yang ingin Anda kelompokkan. Seret ikon aplikasi ke atas ikon aplikasi lain yang ingin Anda masukkan ke dalam folder. Setelah Anda melepaskan jari Anda, folder baru akan terbentuk dan Anda dapat memberikan nama pada folder tersebut.

Mengubah Urutan Tampilan Aplikasi

Jika Anda ingin mengatur ulang urutan tampilan aplikasi di HP Realme Anda, Anda dapat melakukannya dengan mudah. Caranya adalah dengan menahan jari Anda pada ikon aplikasi yang ingin Anda pindahkan. Kemudian, seret ikon aplikasi ke posisi yang diinginkan. Setelah Anda melepaskan jari Anda, ikon aplikasi akan berpindah ke posisi baru.

Mengatur Tema

HP Realme juga menyediakan opsi untuk mengubah tema antarmuka. Dengan mengubah tema, Anda dapat memberikan tampilan yang berbeda dan lebih menarik pada HP Realme Anda. Untuk mengubah tema, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Akses Menu Pengaturan

Geser layar ke atas dan sentuh ikon ‘Pengaturan’ di layar beranda atau di laci aplikasi untuk membuka menu pengaturan di HP Realme Anda.

2. Pilih Opsi ‘Tampilan’

Cari dan pilih opsi ‘Tampilan’ di dalam menu pengaturan. Biasanya, opsi ini dapat ditemukan di bagian atas atau bagian tengah menu pengaturan, tergantung pada versi sistem operasi HP Realme Anda.

3. Pilih Opsi ‘Tema’

Setelah Anda masuk ke menu Tampilan, cari dan pilih opsi ‘Tema’. Anda akan melihat daftar tema yang tersedia untuk dipilih.

4. Pilih Tema yang Diinginkan

Pilih tema yang Anda inginkan dengan menyentuh ikon tema tersebut. Anda dapat melihat pratinjau tema sebelum memilihnya.

5. Terapkan Tema

Setelah Anda memilih tema yang diinginkan, sentuh tombol ‘Terapkan’ untuk mengubah tema antarmuka HP Realme Anda.

Dengan mengelompokkan aplikasi dalam folder, mengubah urutan tampilan aplikasi, dan mengatur tema yang sesuai dengan preferensi Anda, Anda dapat mengatur tampilan antarmuka HP Realme Anda agar lebih rapi dan sesuai dengan gaya Anda.

Mengunci Aplikasi dengan Sidik Jari

Jika Anda ingin memberikan tingkat keamanan tambahan pada aplikasi yang disembunyikan, Anda dapat menggunakan fitur sidik jari yang dihadirkan oleh HP Realme. Pada bagian ini, kami akan menjelaskan cara mengaktifkan dan mengatur penguncian aplikasi dengan sidik jari di HP Realme.

Langkah 1: Akses Menu Pengaturan Keamanan

Langkah pertama untuk mengunci aplikasi dengan sidik jari di HP Realme adalah dengan mengakses menu pengaturan keamanan. Buka menu pengaturan dengan menggeser layar ke atas dan menyentuh ikon ‘Pengaturan’ yang biasanya terletak di layar beranda atau di laci aplikasi.

Langkah 2: Pilih Opsi ‘Keamanan’

Setelah Anda masuk ke menu Pengaturan, cari dan pilih opsi ‘Keamanan’. Biasanya, opsi ini dapat ditemukan di bagian atas atau bagian tengah menu pengaturan, tergantung pada versi sistem operasi HP Realme Anda.

Langkah 3: Aktifkan Fitur Penguncian Sidik Jari

Setelah Anda memasuki menu Keamanan, cari opsi ‘Pengenal Sidik Jari’ atau ‘Fingerprint Unlock’. Aktifkan opsi ini dengan menggeser tombol ke posisi aktif atau mengubah tanda centang menjadi hijau.

Langkah 4: Daftarkan Sidik Jari

Setelah Anda mengaktifkan fitur penguncian sidik jari, Anda akan diminta untuk mendaftarkan sidik jari Anda. Ikuti petunjuk yang diberikan oleh HP Realme untuk mendaftarkan sidik jari Anda. Pastikan untuk mengikuti petunjuk dengan cermat dan mengulangi proses pendaftaran jika diperlukan.

Langkah 5: Pilih Aplikasi yang Akan Dikunci dengan Sidik Jari

Setelah Anda mendaftarkan sidik jari Anda, Anda akan melihat daftar aplikasi yang terinstal di HP Realme Anda. Pilih aplikasi yang ingin Anda kunci dengan sidik jari dengan memilih kotak centang di sebelah nama aplikasi tersebut.

Langkah 6: Aktifkan Penguncian Sidik Jari

Setelah Anda memilih aplikasi yang ingin Anda kunci, tekan tombol ‘Terapkan’ atau ‘Apply’ untuk mengaktifkan penguncian sidik jari. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memasukkan sidik jari yang telah Anda daftarkan sebelumnya untuk mengunci aplikasi.

Setelah Anda mengaktifkan penguncian sidik jari, setiap kali seseorang mencoba membuka aplikasi yang telah Anda kunci, mereka akan diminta untuk memasukkan sidik jari yang telah Anda daftarkan sebelumnya. Ini memberikan tingkat keamanan tambahan pada aplikasi yang disembunyikan di HP Realme Anda.

Anda juga dapat dengan mudah menonaktifkan penguncian sidik jari dengan mengikuti langkah-langkah yang sama dan mematikan op

Mengaktifkan Mode Keamanan

Mode Keamanan adalah fitur yang dimiliki oleh HP Realme yang memungkinkan Anda untuk mengunci aplikasi dan mengamankan data pribadi Anda. Pada bagian ini, kami akan menjelaskan cara mengaktifkan Mode Keamanan dan bagaimana cara menggunakannya secara efektif.

Langkah 1: Akses Menu Pengaturan Keamanan

Untuk mengaktifkan Mode Keamanan di HP Realme Anda, pertama-tama, buka menu Pengaturan dengan menggeser layar ke atas dan menyentuh ikon ‘Pengaturan’ di layar beranda atau di laci aplikasi.

Langkah 2: Pilih Opsi ‘Keamanan’

Setelah Anda masuk ke menu Pengaturan, cari dan pilih opsi ‘Keamanan’. Biasanya, opsi ini dapat ditemukan di bagian atas atau bagian tengah menu pengaturan, tergantung pada versi sistem operasi HP Realme Anda.

Langkah 3: Aktifkan Mode Keamanan

Setelah Anda memasuki menu Keamanan, cari opsi ‘Mode Keamanan’ atau ‘Security Mode’. Aktifkan opsi ini dengan menggeser tombol ke posisi aktif atau mengubah tanda centang menjadi hijau.

Langkah 4: Konfigurasi Mode Keamanan

Setelah Anda mengaktifkan Mode Keamanan, Anda akan diminta untuk mengatur konfigurasi keamanan tambahan. Beberapa opsi yang mungkin tersedia termasuk penguncian aplikasi, kunci sidik jari, sandi atau pola keamanan, dan banyak lagi. Pilih opsi yang sesuai dengan preferensi Anda dan ikuti petunjuk yang diberikan untuk mengatur pengaturan keamanan tambahan.

Setelah Anda mengaktifkan Mode Keamanan, aplikasi yang telah Anda pilih akan dikunci dan data pribadi Anda akan aman. Setiap kali seseorang mencoba membuka aplikasi yang dikunci, mereka akan diminta untuk memasukkan kata sandi, pola, atau sidik jari yang telah Anda atur sebelumnya.

Menggunakan Private Safe

Private Safe adalah fitur yang tersedia di HP Realme yang memungkinkan Anda menyembunyikan file dan aplikasi secara aman. Pada bagian ini, kami akan menjelaskan cara mengakses dan menggunakan Private Safe untuk menyembunyikan aplikasi di HP Realme.

Langkah 1: Akses Menu Pengaturan

Untuk mengakses Private Safe di HP Realme Anda, buka menu Pengaturan dengan menggeser layar ke atas dan menyentuh ikon ‘Pengaturan’ di layar beranda atau di laci aplikasi.

Langkah 2: Pilih Opsi ‘Keamanan’

Setelah Anda masuk ke menu Pengaturan, cari dan pilih opsi ‘Keamanan’. Biasanya, opsi ini dapat ditemukan di bagian atas atau bagian tengah menu pengaturan, tergantung pada versi sistem operasi HP Realme Anda.

Langkah 3: Akses Private Safe

Setelah Anda memasuki menu Keamanan, cari opsi ‘Private Safe’ atau ‘Private Space’. Ketuk opsi ini untuk mengakses Private Safe.

Langkah 4: Atur Kata Sandi atau Pola

Setelah Anda masuk ke dalam Private Safe, Anda akan diminta untuk membuat kata sandi atau pola sebagai kunci akses ke Private Safe. Ikuti petunjuk yang diberikan untuk membuat kata sandi atau pola yang kuat dan mudah diingat.

Langkah 5: Sembunyikan Aplikasi

Setelah Anda mengatur kata sandi atau pola, Anda dapat mulai menyembunyikan aplikasi di Private Safe. Pilih aplikasi yang ingin Anda sembunyikan dengan menyentuh ikon aplikasi tersebut dan pilih opsi ‘Sembunyikan’ atau ‘Hide’.

Aplikasi yang Anda sembunyikan akan secara otomatis dipindahkan ke dalam Private Safe dan tidak akan muncul di layar beranda atau di laci aplikasi. Hanya dengan memasukkan kata sandi atau pola yang telah Anda atur sebelumnya, Anda dapat mengakses dan menggunakan aplikasi yang disembunyikan di Private Safe.

Mengelola Izin Aplikasi

Memastikan bahwa aplikasi yang Anda sembunyikan berfungsi dengan baik adalah hal yang penting. Pada bagian ini, kami akan membahas cara mengelola izin aplikasi yang disembunyikan agar tetap berjalan dengan lancar dan tidak mengalami masalah.

Langkah 1: Akses Menu Pengaturan Aplikasi

Untuk mengelola izin aplikasi di HP Realme Anda, buka menu Pengaturan dengan menggeser layar ke atas dan menyentuh ikon ‘Pengaturan’ di layar beranda atau di laci aplikasi.

Langkah 2: Pilih Opsi ‘Aplikasi’

Setelah Anda masuk ke menu Pengaturan, cari dan pilih opsi ‘Aplikasi’. Biasanya, opsi ini dapat ditemukan di bagian atas atau bagian tengah menu pengaturan, tergantung pada versi sistem operasi HP Realme Anda.

Langkah 3: Pilih Aplikasi yang Disembunyikan

Setelah Anda memasuki menu Aplikasi, Anda akan melihat daftar semua aplikasi yang terinstal di HP Realme Anda. Pilih aplikasi yang ingin Anda kelola izinnya dengan menyentuh nama aplikasi tersebut.

Langkah 4: Kelola Izin Aplikasi

Setelah Anda memilih aplikasi yang ingin Anda kelola izinnya, Anda akan melihat daftar izin yang diberikan oleh aplikasi tersebut. Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan izin-izin yang terkait dengan aplikasi tersebut sesuai dengan preferensi Anda.

Dengan mengelola izin aplikasi yang disembunyikan, Anda dapat memastikan bahwa aplikasi tersebut berjalan dengan lancar dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Mencari Aplikasi yang Disembunyikan

Setelah Anda menyembunyikan aplikasi di HP Realme, mungkin ada saatnya Anda perlu mengaksesnya kembali. Pada bagian ini, kami akan menjelaskan cara mencari dan mengakses aplikasi yang telah Anda sembunyikan di HP Realme.

Langkah 1: Gunakan Pencarian

Salah satu cara tercepat untuk mencari aplikasi yang disembunyikan di HP Realme adalah dengan menggunakan fitur pencarian yang tersedia di laci aplikasi. Cukup geser layar ke atas dan ketikkan nama aplikasi yang ingin Anda temukan di kotak pencarian. Aplikasi yang cocok dengan kata kunci akan muncul dalam hasil pencarian.

Langkah 2: Gunakan Pengaturan Aplikasi

Jika Anda tidak dapat menemukan aplikasi yang disembunyikan melalui fitur pencarian, Anda juga dapat mencarinya melalui menu Pengaturan Aplikasi. Buka menu Pengaturan, pilih opsi ‘Aplikasi’, dan gulir ke bawah hingga Anda menemukan daftar semua aplikasi yang terinstal di HP Realme Anda. Cari aplikasi yang ingin Anda temukan dan ketuk nama aplikasi tersebut untuk membukanya.

Dengan menggunakan fitur pencarian atau menu Pengaturan Aplikasi, Anda dapat dengan mudah menemukan dan mengakses aplikasi yang telah Anda sembunyikan di HP Realme Anda.

Memulihkan Aplikasi yang Disembunyikan

Jika Anda memutuskan untuk mengembalikan aplikasi yang telah Anda sembunyikan, HP Realme menyediakan fitur untuk memulihkannya dengan mudah. Pada bagian ini, kami akan membahas langkah-langkah untuk memulihkan aplikasi yang telah Anda sembunyikan di HP Realme.

Langkah 1: Akses Menu Pengaturan Aplikasi

Untuk memulih

Langkah 1: Akses Menu Pengaturan Aplikasi (lanjutan)

Untuk memulihkan aplikasi yang telah Anda sembunyikan di HP Realme, buka menu Pengaturan dengan menggeser layar ke atas dan sentuh ikon ‘Pengaturan’ di layar beranda atau di laci aplikasi.

Langkah 2: Pilih Opsi ‘Aplikasi’

Setelah Anda masuk ke menu Pengaturan, cari dan pilih opsi ‘Aplikasi’. Biasanya, opsi ini dapat ditemukan di bagian atas atau bagian tengah menu pengaturan, tergantung pada versi sistem operasi HP Realme Anda.

Langkah 3: Temukan Aplikasi yang Disembunyikan

Setelah Anda memasuki menu Aplikasi, Anda akan melihat daftar semua aplikasi yang terinstal di HP Realme Anda. Cari aplikasi yang ingin Anda pulihkan dengan menggulir ke bawah atau menggunakan fitur pencarian yang tersedia di menu Aplikasi.

Langkah 4: Aktifkan Kembali Aplikasi yang Disembunyikan

Setelah Anda menemukan aplikasi yang ingin Anda pulihkan, ketuk nama aplikasi tersebut untuk membukanya. Di halaman detail aplikasi, Anda akan melihat opsi ‘Aktifkan’ atau ‘Enable’. Tekan opsi ini untuk mengaktifkan kembali aplikasi yang telah Anda sembunyikan.

Setelah Anda mengaktifkan kembali aplikasi yang disembunyikan, aplikasi tersebut akan muncul kembali di layar beranda atau di laci aplikasi HP Realme Anda. Anda dapat mengakses dan menggunakan aplikasi tersebut seperti biasa.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah memulihkan aplikasi yang telah Anda sembunyikan di HP Realme. Pastikan untuk memeriksa daftar aplikasi yang disembunyikan secara teratur untuk memastikan Anda tidak melewatkan aplikasi yang penting.

Menyembunyikan aplikasi di HP Realme merupakan langkah yang penting untuk menjaga privasi dan tampilan antarmuka yang rapi. Dalam artikel ini, kami telah memberikan panduan lengkap tentang cara menyembunyikan aplikasi di HP Realme. Mulai dari menggunakan fitur bawaan, menerapkan kata sandi atau pola keamanan, hingga menggunakan aplikasi pihak ketiga, semuanya kami jelaskan secara detail. Kami juga membahas bagaimana mengatur tampilan antarmuka, mengunci aplikasi dengan sidik jari, mengaktifkan Mode Keamanan, menggunakan Private Safe, mengelola izin aplikasi, mencari aplikasi yang disembunyikan, dan memulihkan aplikasi yang telah disembunyikan.

Dengan menggunakan panduan ini, Anda dapat dengan mudah mengatur aplikasi sesuai keinginan Anda dan menjaga privasi Anda. Jaga keamanan data pribadi Anda dan pastikan untuk memilih metode yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan wawasan baru bagi Anda dalam menyembunyikan aplikasi di HP Realme. Selamat mencoba!