Beranda » Tekno » Cara Mengetahui Chat WA yang Sudah Dihapus Tanpa Aplikasi

Cara Mengetahui Chat WA yang Sudah Dihapus Tanpa Aplikasi

WhatsApp (WA) telah menjadi salah satu aplikasi pesan instan yang paling populer di dunia. Banyak pengguna yang mengandalkan WhatsApp untuk berkomunikasi dengan teman, keluarga, dan rekan kerja mereka. Namun, terkadang ada situasi di mana kita ingin mengetahui pesan yang telah dihapus oleh pengirim sebelum kita sempat membacanya. Apakah Anda pernah mengalami hal ini? Jangan khawatir, dalam artikel ini kami akan membahas cara mengetahui chat WA yang sudah dihapus tanpa menggunakan aplikasi tambahan.

Sebelum kita masuk ke cara-cara tersebut, penting untuk diingat bahwa privasi adalah hak setiap individu. Melihat pesan yang dihapus tanpa izin dari pengirim adalah tindakan yang tidak etis. Oleh karena itu, kami menyarankan Anda untuk menggunakan metode ini hanya dalam situasi darurat atau jika Anda memiliki izin dari pihak yang terkait.

Menggunakan Notifikasi Push

Metode pertama yang dapat Anda coba adalah dengan menggunakan notifikasi push. Notifikasi push adalah pemberitahuan pop-up yang muncul di layar perangkat Anda saat ada pesan masuk. Kadang-kadang, meskipun pengirim telah menghapus pesan, notifikasi push tetap muncul di layar Anda. Anda dapat mencoba mengeklik notifikasi push tersebut untuk membuka pesan yang telah dihapus sebelumnya.

Untuk menggunakan metode ini, pastikan Anda memiliki notifikasi push aktif di pengaturan WhatsApp Anda. Buka aplikasi WhatsApp dan masuk ke menu “Pengaturan”. Selanjutnya, pilih opsi “Notifikasi” dan pastikan opsi “Tampilkan Notifikasi” diaktifkan. Dengan begitu, Anda akan menerima notifikasi push setiap kali ada pesan masuk.

Jika Anda telah mengaktifkan notifikasi push tetapi tidak melihat notifikasi untuk pesan yang dihapus, ada kemungkinan bahwa pengirim telah menghapus pesan sebelum notifikasi push muncul. Namun, tidak ada salahnya mencoba metode lain yang akan kami jelaskan selanjutnya.

Memanfaatkan Riwayat Chat

Metode kedua yang dapat Anda gunakan adalah dengan memanfaatkan fitur riwayat chat di WhatsApp. Meskipun pesan tersebut telah dihapus, WhatsApp secara otomatis membuat salinan cadangan dari pesan-pesan tersebut di penyimpanan perangkat Anda. Anda dapat mencari salinan pesan di folder WhatsApp di penyimpanan internal atau eksternal Anda.

Untuk menggunakan metode ini, Anda perlu mengakses folder WhatsApp di penyimpanan perangkat Anda. Buka aplikasi file manager atau penjelajah file, dan cari folder bernama “WhatsApp”. Di dalam folder ini, Anda akan menemukan folder “Database” yang berisi file-file yang berhubungan dengan riwayat chat Anda.

Selanjutnya, Anda dapat mencari file dengan ekstensi “.crypt” di dalam folder “Database”. File-file ini adalah salinan pesan yang telah dihapus. Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti “ES File Explorer” untuk membuka file “.crypt” dan melihat pesan yang telah dihapus.

Cara Membuka File “.crypt” dengan ES File Explorer

1. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi “ES File Explorer” di perangkat Anda.

2. Buka aplikasi “ES File Explorer” dan cari folder “WhatsApp” di penyimpanan perangkat Anda.

3. Di dalam folder “WhatsApp”, cari folder “Database” dan buka folder tersebut.

4. Di dalam folder “Database”, cari file dengan ekstensi “.crypt”. File-file ini adalah salinan pesan yang telah dihapus.

5. Klik file “.crypt” yang ingin Anda buka, dan pilih opsi “Open as” atau “Buka sebagai”.

6. Pilih aplikasi “ES Note Editor” atau aplikasi teks lainnya yang tersedia di perangkat Anda.

7. Dalam aplikasi “ES Note Editor”, Anda akan dapat melihat isi pesan yang telah dihapus.

Dengan menggunakan metode ini, Anda dapat melihat pesan-pesan WhatsApp yang telah dihapus tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan. Namun, perlu diingat bahwa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti “ES File Explorer” memiliki risiko tersendiri. Pastikan Anda mendownload dan menggunakan aplikasi dari sumber yang terpercaya untuk menghindari masalah keamanan.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika kedua metode di atas tidak berhasil, Anda masih memiliki opsi untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada beberapa aplikasi yang tersedia di toko aplikasi yang dapat membantu Anda melihat pesan-pesan WhatsApp yang telah dihapus. Pastikan Anda memilih aplikasi yang terpercaya dan membaca ulasan pengguna sebelum menginstalnya.

Salah satu aplikasi pihak ketiga yang populer adalah “Notification History Log”. Aplikasi ini dapat mencatat semua notifikasi yang masuk ke perangkat Anda, termasuk notifikasi dari WhatsApp. Meskipun pengirim telah menghapus pesan, notifikasi dari pesan tersebut tetap tersimpan di log notifikasi. Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk melihat pesan WhatsApp yang telah dihapus.

Cara Menggunakan “Notification History Log”

1. Unduh dan instal aplikasi “Notification History Log” dari toko aplikasi.

2. Buka aplikasi “Notification History Log” setelah selesai diinstal.

3. Setelah membuka aplikasi, Anda akan melihat daftar notifikasi yang masuk ke perangkat Anda.

4. Cari notifikasi dari WhatsApp yang ingin Anda lihat pesannya.

5. Ketuk notifikasi tersebut untuk membuka pesan yang telah dihapus.

Dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti “Notification History Log”, Anda dapat dengan mudah melihat pesan-pesan WhatsApp yang telah dihapus. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan aplikasi pihak ketiga memiliki risiko tersendiri. Pastikan Anda menginstal aplikasi dari sumber yang terpercaya dan membaca ulasan pengguna sebelum menggunakannya.

Meminta Bantuan dari Pengirim

Jika Anda ingin mengetahui pesan yang telah dihapus dengan cara yang lebih etis, Anda dapat mencoba meminta bantuan dari pengirim. Jika Anda memiliki hubungan yang baik dengan pengirim pesan, Anda dapat memintanya untuk mengirim ulang pesan yang telah dihapus tersebut.

Anda dapat menghubungi pengirim melalui WhatsApp atau melalui metode komunikasi lainnya seperti telepon atau email. Jelaskan dengan sopan bahwa Anda ingin mengetahui isi pesan yang telah dihapus dan mohon bantuan dari pengirim untuk mengirim ulang pesan tersebut. Namun, Anda harus memahami bahwa pengirim mungkin tidak dapat atau tidak mau mengirim ulang pesan yang telah dihapus.

Menjaga Etika dalam Meminta Bantuan

1. Jelaskan dengan jelas alasan mengapa Anda ingin mengetahui pesan yang telah dihapus.

2. Sampaikan permintaan Anda dengan sopan dan hormati.

3. Beri pengirim opsi untuk menolak permintaan Anda jika mereka tidak ingin mengirim ulang pesan yang telah dihapus.

4. Terima keputusan pengirim dengan baik jika mereka menolak permintaan Anda.

Dengan menjaga etika dalam meminta bantuan, Anda dapat menjaga hubungan baik dengan pengirim pesan dan menghindari konflik yang tidak perlu.

Menggunakan WhatsApp Web

Selain itu, Anda juga dapat mencoba menggunakan WhatsApp Web untuk melihat pesan yang telah dihapus. Dalam beberapa kasus, pesan yang dihapus di perangkat seluler mungkin masih tersedia di WhatsApp Web. Anda dapat membuka WhatsApp Web melalui browser di komputer atau laptop Anda dan mencari pesan yang dihapus pada riwayat chat.

Cara Menggunakan WhatsApp Web

1. Buka browser di komputer atau laptop Anda.

2. Ketik “web.whatsapp.com” di bilah alamat browser dan tekan Enter.

3. Buka aplikasi WhatsApp di perangkat seluler Anda.

4. Pada aplikasi WhatsAppdi perangkat seluler Anda, buka menu “Pengaturan” dan pilih opsi “WhatsApp Web/Desktop”.

5. Pindai kode QR yang muncul di layar komputer atau laptop Anda dengan menggunakan kamera perangkat seluler Anda.

6. Setelah kode QR terdeteksi, WhatsApp Web akan terhubung dengan akun WhatsApp Anda di perangkat seluler.

7. Anda akan melihat riwayat chat WhatsApp Anda di layar komputer atau laptop.

8. Cari pesan yang telah dihapus di riwayat chat dan buka pesan tersebut untuk melihat isi pesan yang telah dihapus.

Dengan menggunakan WhatsApp Web, Anda dapat dengan mudah melihat pesan-pesan WhatsApp yang telah dihapus tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan di perangkat Anda. Namun, perlu diingat bahwa Anda perlu terhubung ke internet dan perangkat seluler Anda harus tetap terhubung selama Anda menggunakan WhatsApp Web.

Melihat Notifikasi Pusat

Jika Anda memiliki perangkat Android, Anda dapat mencoba melihat pesan yang dihapus melalui Notifikasi Pusat. Pada beberapa versi Android, pesan yang dihapus masih muncul di Notifikasi Pusat meskipun telah dihapus di aplikasi WhatsApp. Anda dapat menggeser layar ke bawah untuk membuka Notifikasi Pusat dan melihat pesan yang telah dihapus.

Untuk menggunakan metode ini, pastikan Anda memiliki notifikasi WhatsApp aktif di pengaturan perangkat Android Anda. Buka menu “Pengaturan” di perangkat Android Anda, lalu cari dan pilih opsi “Notifikasi”. Selanjutnya, pastikan opsi “Tampilkan Notifikasi” diaktifkan.

Jika Anda telah mengaktifkan notifikasi WhatsApp, Anda dapat membuka Notifikasi Pusat dengan menggeser layar ke bawah dari bagian atas perangkat Android Anda. Di Notifikasi Pusat, Anda dapat melihat pesan-pesan yang telah dihapus dan membaca isi pesan tersebut.

Cara Melihat Pesan yang Dihapus melalui Notifikasi Pusat

1. Buka Notifikasi Pusat dengan menggeser layar ke bawah dari bagian atas perangkat Android Anda.

2. Cari notifikasi WhatsApp yang menunjukkan adanya pesan yang dihapus.

3. Ketuk notifikasi tersebut untuk membuka pesan yang telah dihapus dan melihat isinya.

Metode ini dapat sangat berguna jika Anda ingin melihat pesan yang dihapus dengan cepat dan tanpa perlu membuka aplikasi WhatsApp. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua versi Android mendukung fitur ini, jadi pastikan perangkat Android Anda mendukung fitur Notifikasi Pusat.

Mencari Pesan di Folder “Database”

Anda juga dapat mencoba mencari pesan yang telah dihapus di folder “Database” WhatsApp. Folder ini berisi file-file yang berhubungan dengan riwayat chat Anda. Anda dapat menggunakan aplikasi file manager untuk mencari folder “Database” di penyimpanan perangkat Anda dan mencari pesan yang telah dihapus di dalamnya.

Untuk menggunakan metode ini, Anda perlu mengakses folder “Database” di penyimpanan perangkat Anda. Buka aplikasi file manager atau penjelajah file, dan cari folder bernama “WhatsApp”. Di dalam folder ini, Anda akan menemukan folder “Database” yang berisi file-file yang berhubungan dengan riwayat chat Anda.

Selanjutnya, Anda dapat mencari file dengan ekstensi “.crypt” di dalam folder “Database”. File-file ini adalah salinan pesan yang telah dihapus. Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti “ES File Explorer” untuk membuka file “.crypt” dan melihat pesan yang telah dihapus.

Cara Mencari Pesan di Folder “Database” dengan ES File Explorer

1. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi “ES File Explorer” di perangkat Anda.

2. Buka aplikasi “ES File Explorer” dan cari folder “WhatsApp” di penyimpanan perangkat Anda.

3. Di dalam folder “WhatsApp”, cari folder “Database” dan buka folder tersebut.

4. Di dalam folder “Database”, cari file dengan ekstensi “.crypt”. File-file ini adalah salinan pesan yang telah dihapus.

5. Klik file “.crypt” yang ingin Anda buka, dan pilih opsi “Open as” atau “Buka sebagai”.

6. Pilih aplikasi “ES Note Editor” atau aplikasi teks lainnya yang tersedia di perangkat Anda.

7. Dalam aplikasi “ES Note Editor”, Anda akan dapat melihat isi pesan yang telah dihapus.

Dengan menggunakan metode ini, Anda dapat melihat pesan-pesan WhatsApp yang telah dihapus tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan. Namun, perlu diingat bahwa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti “ES File Explorer” memiliki risiko tersendiri. Pastikan Anda mendownload dan menggunakan aplikasi dari sumber yang terpercaya untuk menghindari masalah keamanan.

Menggunakan Aplikasi Recovery Data

Jika metode-metode sebelumnya tidak berhasil, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi recovery data. Aplikasi ini dapat memulihkan data yang telah dihapus dari penyimpanan perangkat Anda, termasuk pesan-pesan WhatsApp. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan aplikasi recovery data dapat mempengaruhi integritas data lainnya di perangkat Anda, jadi gunakan dengan hati-hati.

Ada beberapa aplikasi recovery data yang dapat Anda coba, seperti “DiskDigger” atau “Dr.Fone”. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua aplikasi recovery data dapat memulihkan pesan WhatsApp yang telah dihapus. Pastikan Anda membaca ulasan pengguna dan panduan penggunaan aplikasi sebelum menggunakannya.

Cara Menggunakan Aplikasi Recovery Data untuk Memulihkan Pesan WhatsApp

1. Unduh dan instal aplikasi recovery data yang dipilih dari toko aplikasi.

2. Buka aplikasi recovery data setelah selesai diinstal.

3. Ikuti panduan penggunaan aplikasi untuk memulihkan data yang telah dihapus.

4. Pilih opsi untuk memulihkan pesan WhatsApp dan tunggu proses pemulihan selesai.

5. Setelah proses pemulihan selesai, Anda akan dapat melihat pesan-pesan WhatsApp yang telah dihapus.

Perlu diingat bahwa penggunaan aplikasi recovery data dapat mempengaruhi integritas data lainnya di perangkat Anda. Pastikan Anda memahami risiko yang terkait dengan penggunaan aplikasi ini dan melakukan backup data penting sebelum menggunakan aplikasi recovery data.

Mencari Pesan di Salinan Cadangan

Jika Anda memiliki salinan cadangan data WhatsApp, Anda dapat mencoba mencari pesan yang telah dihapus di dalamnya. WhatsApp secara otomatis membuat salinan cadangan data di penyimpanan perangkat Anda atau di penyimpanan cloud seperti Google Drive atau iCloud. Cari salinan cadangan terbaru dan gunakan aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu Anda membuka salinan cadangan tersebut.

Untuk menggunakan metode ini, Anda perlu mengakses salinan cadangan data WhatsApp yang ada di penyimpanan perangkat Anda atau di penyimpanan cloud. Buka aplikasi pengelola file atau penjelajah file di perangkat Anda dan cari folder atau penyimpanan yang berisi salinan cadangan data WhatsApp.

Jika salinan cadangan data WhatsApp Anda disimpan di penyimpanan perangkat, cari folder bernama “WhatsApp” di penyimpanan internal atau eksternal Anda. Di dalam folder “WhatsApp”, Anda akan menemukan folder “Database” yang berisi file-file cadangan data WhatsApp.

Jika salinan cadangan data WhatsApp Anda disimpan di penyimpanan cloud seperti Google Drive atau iCloud, buka aplikasi WhatsApp di perangkat seluler Anda dan masuk ke menu “Pengaturan”. Pilih opsi “Chats” atau “Chat Backup” dan cari opsi untuk mengelola atau mengakses cadangan data WhatsApp. Anda akan diarahkan ke aplikasi penyimpanan cloud yang digunakan (misalnya Google Drive atau iCloud) untuk mengakses salinan cadangan data WhatsApp Anda.

Cara Mencari Pesan di Salinan Cadangan dengan Aplikasi Pihak Ketiga

1. Unduh dan instal aplikasi pihak ketiga seperti “Backuptrans Android iPhone WhatsApp Transfer” atau “iMobie PhoneRescue” yang dapat membantu Anda membuka salinan cadangan data WhatsApp.

2. Buka aplikasi pihak ketiga setelah selesai diinstal.

3. Ikuti panduan penggunaan aplikasi untuk mengakses salinan cadangan data WhatsApp.

4. Pilih opsi untuk mencari pesan yang telah dihapus di salinan cadangan data WhatsApp.

5. Tunggu proses pencarian selesai dan Anda akan dapat melihat pesan-pesan WhatsApp yang telah dihapus.

Dengan menggunakan metode ini, Anda dapat mencari pesan-pesan WhatsApp yang telah dihapus di salinan cadangan data WhatsApp. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan aplikasi pihak ketiga dapat mempengaruhi integritas data lainnya di perangkat Anda. Pastikan Anda memahami risiko yang terkait dengan penggunaan aplikasi ini dan membaca ulasan pengguna serta panduan penggunaan sebelum menggunakannya.

Menghubungi Layanan Dukungan WhatsApp

Jika semua metode di atas tidak berhasil, Anda dapat mencoba menghubungi layanan dukungan WhatsApp. Mereka mungkin dapat membantu Anda dalam mengakses pesan-pesan yang telah dihapus. Namun, perlu diingat bahwa layanan dukungan WhatsApp mungkin memiliki kebijakan dan persyaratan tertentu yang perlu Anda penuhi sebelum mereka dapat membantu.

Anda dapat menghubungi layanan dukungan WhatsApp melalui aplikasi WhatsApp atau melalui situs web resmi WhatsApp. Jelaskan dengan jelas masalah yang Anda hadapi, yaitu ingin mengakses pesan-pesan WhatsApp yang telah dihapus, dan sertakan informasi yang relevan seperti nomor telepon yang digunakan untuk mendaftar akun WhatsApp.

Harap diingat bahwa layanan dukungan WhatsApp mungkin tidak dapat mengembalikan pesan-pesan yang telah dihapus jika pesan tersebut telah dihapus secara permanen dari server WhatsApp. Namun, mereka mungkin dapat memberikan bantuan atau informasi tambahan terkait dengan masalah Anda.

Menggunakan Metode dengan Bijak

Hal penting yang perlu diingat saat menggunakan metode-metode di atas adalah menjaga etika dan privasi orang lain. Melihat pesan yang dihapus tanpa izin dari pengirim adalah tindakan yang tidak etis dan dapat melanggar privasi orang lain. Oleh karena itu, kami menyarankan Anda untuk menggunakan metode-metode ini hanya dalam situasi darurat atau jika Anda memiliki izin dari pihak yang terkait.

Selain itu, sebaiknya Anda tidak menggunakan metode-metode ini untuk mengintip atau melanggar privasi orang lain tanpa izin mereka. Setiap individu memiliki hak atas privasi dan melihat pesan yang dihapus tanpa izin dapat merusak hubungan dan kepercayaan antara Anda dan orang lain.

Dalam artikel ini, kami telah membahas beberapa cara untuk mengetahui pesan WhatsApp yang telah dihapus tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Namun, kami ingin mengingatkan Anda sekali lagi bahwa privasi adalah hal yang penting dan melihat pesan yang dihapus tanpa izin adalah tindakan yang tidak etis. Gunakan metode ini dengan bijak dan hanya dalam situasi yang tepat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.