Beranda » Tekno » Cara Mendownload Video dari YouTube ke Galeri Tanpa Aplikasi

Cara Mendownload Video dari YouTube ke Galeri Tanpa Aplikasi

Mendownload video dari YouTube ke galeri ponsel merupakan kegiatan yang sering dilakukan oleh pengguna internet. Video yang diunduh dapat digunakan untuk ditonton secara offline atau diunggah ke platform lain. Namun, sebagian orang mungkin tidak ingin menginstal aplikasi tambahan di perangkat mereka. Untungnya, ada beberapa cara untuk mendownload video dari YouTube ke galeri tanpa menggunakan aplikasi. Artikel ini akan memberikan panduan lengkap tentang cara melakukan hal tersebut.

Sebelum kita mulai, penting untuk diingat bahwa mengunduh video dari YouTube melanggar kebijakan dan persyaratan penggunaan situs tersebut. Namun, ada beberapa situasi di mana pengunduhan video diperbolehkan, seperti jika Anda memiliki izin dari pemilik video atau jika video tersebut dilindungi oleh lisensi yang memperbolehkan pengunduhan. Pastikan untuk selalu menghormati hak cipta dan menggunakan video dengan bijak.

Menggunakan Layanan Unduh Online

Salah satu cara termudah untuk mendownload video dari YouTube tanpa aplikasi adalah dengan menggunakan layanan unduh online. Ada banyak situs web yang menyediakan layanan ini secara gratis. Anda hanya perlu menyalin tautan video YouTube yang ingin Anda unduh, lalu tempelkan di situs web unduhan online. Setelah itu, Anda dapat memilih format dan kualitas video yang diinginkan, kemudian klik tombol unduh.

Menyalin Tautan Video YouTube

Pertama, buka video di YouTube yang ingin Anda unduh. Kemudian, salin tautan video tersebut. Anda dapat melakukannya dengan mengklik tombol “Bagikan” di bawah video dan memilih opsi “Salin Tautan”. Atau, Anda dapat menyalin tautan langsung dari bilah alamat browser dengan mengklik kanan dan memilih opsi “Salin”.

Menggunakan Situs Web Unduhan Online

Kunjungi situs web unduhan online yang Anda pilih. Beberapa contoh situs web yang populer adalah KeepVid, SaveFrom.net, dan ClipConverter. Pastikan untuk memilih situs web yang tepercaya dan terpercaya saat menggunakan layanan ini.

Tempelkan Tautan dan Pilih Format Video

Setelah Anda berada di situs web unduhan online, tempelkan tautan video YouTube yang telah Anda salin ke kolom yang disediakan. Kemudian, pilih format video yang diinginkan. Situs web tersebut biasanya menyediakan beberapa pilihan format video, seperti MP4, FLV, atau 3GP.

Pilih Kualitas Video dan Klik Tombol Unduh

Setelah memilih format video, Anda dapat memilih kualitas video yang diinginkan. Biasanya, situs web unduhan online menyediakan beberapa pilihan kualitas video, seperti SD (Standar Definisi) atau HD (High Definisi). Pilih kualitas sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda.

Setelah memilih kualitas video, klik tombol “Unduh” atau “Download” untuk memulai proses pengunduhan. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai. Setelah selesai, video akan tersimpan di galeri ponsel Anda dan dapat diakses kapan saja.

Menggunakan Command Prompt (Windows)

Jika Anda menggunakan sistem operasi Windows, Anda dapat menggunakan Command Prompt untuk mendownload video dari YouTube ke galeri. Metode ini mungkin membutuhkan sedikit pengetahuan teknis, tetapi tidak memerlukan penginstalan aplikasi tambahan.

Menginstal youtube-dl

Sebelum Anda dapat menggunakan Command Prompt untuk mendownload video dari YouTube, Anda perlu menginstal perangkat lunak youtube-dl terlebih dahulu. Anda dapat mengunjungi situs web resmi youtube-dl dan mengikuti petunjuk instalasi yang disediakan.

Menyalin Tautan Video YouTube

Setelah menginstal youtube-dl, buka video YouTube yang ingin Anda unduh. Salin tautan video tersebut seperti yang dijelaskan sebelumnya.

Membuka Command Prompt

Setelah menyalin tautan video, buka Command Prompt dengan menekan tombol Windows + R, ketik “cmd” (tanpa tanda kutip), dan tekan Enter. Jendela Command Prompt akan terbuka.

Mendownload Video Menggunakan youtube-dl

Di jendela Command Prompt, ketik “youtube-dl” (tanpa tanda kutip), lalu tempelkan tautan video YouTube yang telah Anda salin. Tekan Enter untuk memulai pengunduhan video.

Mengatur Format dan Kualitas Video

Anda juga dapat menentukan format dan kualitas video yang diinginkan dengan menggunakan opsi tambahan saat menggunakan youtube-dl. Misalnya, jika Anda ingin mendownload video dalam format MP4 dengan kualitas HD, Anda dapat menambahkan opsi “-f mp4+bestvideo[height<=720]+bestaudio" (tanpa tanda kutip) setelah tautan video.

Menggunakan Ekstensi Browser

Banyak ekstensi browser yang dapat membantu Anda mendownload video dari YouTube langsung ke galeri ponsel tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan. Ekstensi ini tersedia untuk berbagai browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, dan Microsoft Edge.

Menginstal Ekstensi Browser

Pertama, buka browser yang Anda gunakan dan cari ekstensi yang sesuai dengan preferensi Anda. Misalnya, jika Anda menggunakan Google Chrome, Anda dapat mencari ekstensi “YouTube Video Downloader” di Chrome Web Store. Klik tombol “Tambahkan ke Chrome” atau “Install” untuk menginstal ekstensi tersebut.

Mendownload Video Menggunakan Ekstensi

Setelah menginstal ekstensi, buka video YouTube yang ingin Anda unduh. Anda akan melihat tombol unduh yang muncul di bawah video. Klik tombol tersebut untuk memilih format dan kualitas video yang diinginkan. Setelah memilih, klik tombol unduh untuk memulai proses pengunduhan. Video akan tersimpan di galeri ponsel Anda setelah proses selesai.

Menggunakan Website Konversi Video ke MP3

Jika Anda hanya ingin mengunduh audio dari video YouTube, ada juga beberapa situs web yang menyediakan layanan konversi video ke format MP3. Anda dapat mencari situs web ini dengan melakukan pencarian sederhana di mesin pencari. Setelah menemukan situs yang sesuai, salin tautan video YouTube dan tempelkan di situs tersebut. Pilih format MP3 dan klik tombol unduh untuk memulai pengunduhan audio.

Mencari Situs Web Konversi Video ke MP3

Gunakan mesin pencari favorit Anda untuk mencari situs web yang menyediakan layanan konversi video ke MP3. Anda dapat mencoba menggunakan kata kunci seperti “konversi video ke MP3”, “YouTube to MP3 converter”, atau sejenisnya.

Tempelkan Tautan dan Pilih Format MP3

Setelah menemukan situs web yang sesuai, buka situs tersebut dan tempelkan tautan video YouTube yang ingin Anda konversi ke MP3. Pilih format MP3 atau opsi yang serupa di situs tersebut.

Klik Tombol Unduh dan Tunggu Proses Selesai

Setelah memilih format MP3, klik tombol unduh atau tombol serupa untuk memulai proses pengunduhan. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai. Setelah selesai, file audio akan tersimpan di galeri ponsel Anda dan dapat diputar menggunakan pemutar musik atau aplikasi lainnya.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda tidak ingin menggunakan aplikasi bawaan atau ekstensi browser, Anda juga dapat mencari aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu Anda mendownload video dari YouTube ke galeri ponsel. Pastikan untuk membaca ulasan pengguna dan memilih aplikasi yang aman dan terpercaya. Setelah menginstal aplikasi, Anda biasanya hanya perlu menyalin tautan video YouTube dan menekan tombol unduh untuk memulai pengunduhan.

M

Mencari Aplikasi Pihak Ketiga

Gunakan toko aplikasi resmi, seperti Google Play Store untuk pengguna Android atau App Store untuk pengguna iOS, untuk mencari aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu Anda mendownload video dari YouTube. Cari dengan kata kunci seperti “YouTube video downloader” atau “YouTube video downloader app”.

Memilih dan Menginstal Aplikasi

Setelah menemukan aplikasi yang sesuai, baca deskripsi aplikasi, ulasan pengguna, dan peringkat aplikasi untuk memastikan keamanan dan keandalan aplikasi tersebut. Kemudian, klik tombol “Unduh” atau “Install” untuk menginstal aplikasi.

Mendownload Video Menggunakan Aplikasi

Setelah menginstal aplikasi, buka aplikasi tersebut dan salin tautan video YouTube yang ingin Anda unduh. Tempelkan tautan tersebut di aplikasi dan pilih opsi format dan kualitas video yang diinginkan. Setelah memilih, klik tombol unduh untuk memulai proses pengunduhan. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai, dan video akan tersimpan di galeri ponsel Anda.

Menggunakan Perangkat Lunak Desktop

Untuk pengguna yang lebih ahli, menggunakan perangkat lunak desktop dapat menjadi metode yang efektif untuk mendownload video dari YouTube ke galeri tanpa aplikasi. Ada berbagai perangkat lunak yang tersedia secara gratis atau berbayar dengan fitur yang lebih lengkap.

Mencari dan Mengunduh Perangkat Lunak

Gunakan mesin pencari favorit Anda untuk mencari perangkat lunak desktop yang dapat mendownload video dari YouTube. Beberapa contoh perangkat lunak yang populer adalah 4K Video Downloader, YTD Video Downloader, atau Freemake Video Downloader. Kunjungi situs resmi perangkat lunak yang dipilih dan ikuti petunjuk instalasi yang disediakan.

Mengunduh Video Menggunakan Perangkat Lunak

Setelah mengunduh dan menginstal perangkat lunak yang dipilih, buka video YouTube yang ingin Anda unduh dan salin tautannya. Kemudian, buka perangkat lunak dan temukan opsi untuk menyalin tautan video. Setelah Anda menempelkan tautan tersebut, perangkat lunak akan mulai mengunduh video ke galeri ponsel Anda. Anda juga dapat mengatur format dan kualitas video yang diinginkan sebelum memulai pengunduhan.

Menggunakan Aplikasi YouTube Premium

Jika Anda ingin mengunduh video dari YouTube secara legal dan tanpa batasan, Anda dapat mempertimbangkan langganan YouTube Premium. Dengan langganan ini, Anda dapat mengunduh video ke galeri ponsel dan menontonnya secara offline tanpa ada iklan yang mengganggu.

Langganan YouTube Premium

Langganan YouTube Premium tersedia dengan biaya bulanan atau tahunan. Anda dapat mengunjungi situs web resmi YouTube untuk memperoleh informasi lebih lanjut tentang langganan ini dan cara mendaftarnya.

Mengunduh Video dengan YouTube Premium

Setelah berlangganan YouTube Premium, buka aplikasi YouTube di ponsel Anda dan temukan video yang ingin Anda unduh. Di bawah video, Anda akan melihat ikon unduh. Klik ikon tersebut untuk memulai proses pengunduhan. Tunggu hingga proses selesai, dan video akan tersimpan di galeri ponsel Anda.

Menggunakan Aplikasi YouTube Go

YouTube Go adalah versi ringan dari aplikasi YouTube yang dirancang khusus untuk pengguna dengan koneksi internet yang lambat atau kuota yang terbatas. Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan pengunduhan video ke galeri ponsel untuk ditonton secara offline.

Menginstal Aplikasi YouTube Go

Anda dapat mengunduh aplikasi YouTube Go dari toko aplikasi resmi, seperti Google Play Store. Cari aplikasi dengan kata kunci “YouTube Go” dan klik tombol “Unduh” atau “Install” untuk menginstal aplikasi.

Mendownload Video Menggunakan YouTube Go

Setelah menginstal aplikasi, buka aplikasi YouTube Go dan temukan video yang ingin Anda unduh. Di bawah video, Anda akan melihat tombol unduh. Klik tombol tersebut untuk memulai proses pengunduhan. Anda dapat memilih kualitas video yang diinginkan sebelum mengunduhnya. Setelah proses selesai, video akan tersimpan di galeri ponsel Anda dan dapat diakses secara offline.

Menggunakan Situs Web Mirror

Situs web mirror atau cermin adalah salinan dari situs web asli yang memiliki fungsi yang sama. Beberapa situs web cermin YouTube yang populer juga menyediakan opsi unduh video langsung ke galeri ponsel.

Mencari Situs Web Mirror

Gunakan mesin pencari favorit Anda untuk mencari situs web mirror YouTube yang tepercaya. Anda dapat mencoba menggunakan kata kunci seperti “YouTube mirror site” atau “YouTube mirror download”. Pastikan untuk memilih situs web yang aman dan terpercaya.

Mengunduh Video Menggunakan Situs Web Mirror

Setelah menemukan situs web mirror yang sesuai, buka situs tersebut dan temukan opsi unduh video. Tempelkan tautan video YouTube yang ingin Anda unduh ke situs web tersebut. Pilih format dan kualitas video yang diinginkan, lalu mulai mengunduhnya ke galeri ponsel Anda. Tunggu hingga proses selesai, dan video akan tersimpan di galeri ponsel Anda.

Menggunakan Aplikasi Browser dengan Fitur Unduh

Beberapa aplikasi browser populer juga memiliki fitur unduh bawaan yang memungkinkan Anda mendownload video dari YouTube ke galeri ponsel. Misalnya, aplikasi Google Chrome memiliki opsi unduh yang dapat diakses dengan mengklik ikon tiga titik di pojok kanan atas layar dan memilih opsi “Unduh”.

Menggunakan Aplikasi Browser dengan Fitur Unduh

Pertama, pastikan Anda memiliki aplikasi browser yang mendukung fitur unduh bawaan. Misalnya, Google Chrome, Mozilla Firefox, dan Microsoft Edge adalah beberapa contoh aplikasi browser yang menyediakan fitur tersebut.

Mendownload Video Menggunakan Fitur Unduh

Buka aplikasi browser yang Anda gunakan dan buka video YouTube yang ingin Anda unduh. Di bawah video, Anda akan melihat ikon unduh. Klik ikon tersebut untuk memulai proses pengunduhan. Tunggu hingga proses selesai, dan video akan tersimpan di galeri ponsel Anda.

Dalam kesimpulan, ada banyak cara untuk mendownload video dari YouTube ke galeri ponsel tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Anda dapat menggunakan layanan unduh online, Command Prompt (untuk pengguna Windows), ekstensi browser, situs web konversi video ke MP3, aplikasi pihak ketiga, perangkat lunak desktop, langganan YouTube Premium, aplikasi YouTube Go, situs web mirror, atau aplikasi browser dengan fitur unduh bawaan. Pilihlah metode yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Tetaplah menghormati hak cipta dan menggunakan video dengan bijak.