Beranda » Tekno » Cara Melihat Riwayat Chat WA yang Sudah Dihapus Tanpa Aplikasi

Cara Melihat Riwayat Chat WA yang Sudah Dihapus Tanpa Aplikasi

Saat menggunakan WhatsApp, kita sering kali mengalami situasi di mana riwayat chat yang penting telah dihapus secara tidak sengaja atau disengaja. Terkadang, informasi penting seperti alamat, nomor telepon, atau file yang dibagikan dapat hilang begitu saja. Namun, tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara untuk melihat kembali riwayat chat WhatsApp yang sudah dihapus tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan langkah-langkah detailnya agar Anda dapat mengakses kembali chat yang telah terhapus.

Sebelum mencoba metode ini, penting untuk memastikan bahwa Anda telah melakukan backup data WhatsApp secara teratur. Dengan melakukan backup, Anda dapat memulihkan riwayat chat yang dihapus dengan mudah. Berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda ikuti:

Memulihkan Chat dari Backup Lokal

Jika Anda telah mengaktifkan opsi backup lokal di WhatsApp, Anda dapat dengan mudah memulihkan chat yang dihapus dengan menghapus dan menginstal ulang aplikasi WhatsApp. Setelah menginstal ulang, WhatsApp akan meminta Anda untuk mengembalikan chat dari backup lokal yang tersimpan.

Untuk melihat kembali riwayat chat yang sudah dihapus, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menghapus aplikasi WhatsApp dari perangkat Anda. Setelah itu, unduh kembali aplikasi WhatsApp dari toko aplikasi resmi, seperti Google Play Store untuk pengguna Android atau App Store untuk pengguna iPhone. Setelah menginstal ulang aplikasi, buka WhatsApp dan ikuti petunjuk yang muncul di layar untuk mengatur ulang akun WhatsApp Anda.

Setelah mengatur ulang akun WhatsApp, aplikasi akan mendeteksi adanya file backup lokal yang tersimpan di perangkat Anda. WhatsApp akan menawarkan opsi untuk mengembalikan chat dari backup lokal ini. Pilih opsi ini dan WhatsApp akan memulihkan chat yang dihapus ke dalam aplikasi. Setelah proses pemulihan selesai, Anda dapat melihat kembali riwayat chat yang dihapus dengan membuka chat tersebut di dalam aplikasi WhatsApp.

Mengaktifkan Opsi Backup Lokal di WhatsApp

Sebelum Anda dapat memulihkan chat dari backup lokal di WhatsApp, Anda perlu memastikan bahwa opsi backup lokal sudah diaktifkan di pengaturan aplikasi. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan opsi backup lokal di WhatsApp:

  1. Buka aplikasi WhatsApp di perangkat Anda.
  2. Tap pada ikon tiga titik vertikal di pojok kanan atas layar untuk membuka menu.
  3. Pilih “Pengaturan” dari menu yang muncul.
  4. Pilih opsi “Chats” dalam pengaturan.
  5. Pilih “Cadangkan chat” untuk membuka pengaturan backup.
  6. Pilih opsi “Cadangkan ke Google Drive” untuk mengaktifkan opsi backup ke Google Drive.
  7. Pilih frekuensi cadangan yang Anda inginkan, seperti “Harian”, “Mingguan”, atau “Bulanan”.

Dengan mengaktifkan opsi backup lokal, WhatsApp akan secara otomatis membuat salinan cadangan chat Anda di perangkat Anda setiap kali Anda melakukan backup ke Google Drive. Hal ini memungkinkan Anda untuk dengan mudah memulihkan chat yang dihapus di masa depan jika diperlukan.

Memulihkan Chat dari Google Drive (Android)

Bagi pengguna Android, WhatsApp menawarkan opsi backup ke Google Drive. Dengan langkah-langkah berikut, Anda dapat memulihkan chat yang dihapus dari Google Drive:

  1. Pastikan Anda telah mengaktifkan opsi backup ke Google Drive di pengaturan WhatsApp. Anda dapat mengikuti langkah-langkah di atas untuk mengaktifkan opsi ini.
  2. Pastikan Anda telah masuk ke akun Google yang sama di perangkat Anda seperti yang Anda gunakan saat melakukan backup di WhatsApp.
  3. Hapus aplikasi WhatsApp dari perangkat Anda dan unduh kembali dari Google Play Store.
  4. Setelah menginstal ulang aplikasi, buka WhatsApp dan ikuti petunjuk pengaturan ulang akun.
  5. Pada langkah pemulihan, WhatsApp akan mendeteksi adanya backup di Google Drive. Pilih opsi untuk mengembalikan chat dari backup ini.
  6. Tunggu proses pemulihan selesai. Setelah selesai, Anda dapat melihat kembali riwayat chat yang dihapus di dalam aplikasi WhatsApp.

Perlu diingat bahwa proses pemulihan dari Google Drive hanya berlaku untuk pengguna Android. Pengguna iPhone tidak memiliki opsi backup ke Google Drive, tetapi dapat menggunakan opsi backup ke iCloud untuk memulihkan chat yang dihapus.

Menggunakan WhatsApp Web

Jika Anda sering menggunakan WhatsApp Web, Anda mungkin beruntung karena chat yang dihapus di perangkat Anda mungkin masih tersimpan di WhatsApp Web. Anda dapat mengaksesnya dengan cara berikut:

  1. Buka WhatsApp di ponsel cerdas Anda.
  2. Pada pengaturan WhatsApp, pilih opsi “WhatsApp Web/Desktop”.
  3. Anda akan melihat tampilan pemindaian kode QR.
  4. Buka browser web di komputer Anda dan kunjungi website WhatsApp Web di alamat web.whatsapp.com.
  5. Pada browser web, Anda akan melihat tampilan pemindaian kode QR yang sama.
  6. Pindai kode QR pada browser web menggunakan aplikasi WhatsApp di ponsel cerdas Anda.
  7. Setelah kode QR terbaca, WhatsApp Web akan terhubung ke akun WhatsApp Anda.
  8. Anda dapat melihat kembali riwayat chat yang dihapus dengan mengklik atau membuka chat tersebut di WhatsApp Web.

Pastikan untuk menghindari penggunaan WhatsApp Web di komputer publik atau perangkat yang tidak aman, karena hal ini dapat mengakibatkan akses tidak sah ke riwayat chat Anda. Selalu pastikan untuk keluar dari WhatsApp Web setelah selesai menggunakannya.

Mencari Chat yang Dihapus dalam Arsip Chat

WhatsApp menyediakan fitur “Arsip Chat” yang memungkinkan Anda menyembunyikan chat yang tidak ingin ditampilkan di layar utama. Terkadang, chat yang dihapus secara tidak sengaja mungkin telah masuk ke dalam arsip. Berikut adalah cara mencari chat yang dihapus dalam arsip chat:

  1. Buka aplikasi WhatsApp di perangkat Anda.
  2. Geser jari Anda dari atas ke bawah layar untuk membuka menu utama.
  3. Pilih opsi “Arsip Chat” untuk membuka daftar chat yang diarsipkan.
  4. Anda akan melihat semua chat yang telah Anda arsipkan.
  5. Cari chat yang dihapus dengan menggulirkan daftar atau menggunakan fitur pencarian di aplikasi.
  6. Jika Anda menemukan chat yang dihapus, cukup ketuk pada chat tersebut untuk membukanya kembali.

Penting untuk diingat bahwa mengarsipkan chat hanya menyembunyikan chat dari layar utama, bukan menghapusnya secara permanen. Oleh karena itu, chat yang diarsipkan masih dapat dipulihkan dengan mudah.

Menggunakan Aplikasi Pemulihan Data

Jika semua metode di atas tidak berhasil, Anda dapat menggunakan aplikasi pemulihan data pihak ketiga. Aplikasi ini dapat membantu Anda memulihkan chat yang dihapus dari perangkat Anda. Pastikan untuk menggunakan aplikasi yang terpercaya dan direkomendasikan oleh pengguna lain.

  1. Unduh dan instal aplikasi pemulihan data yang terpercaya dari toko aplikasi resmi.
  2. Buka aplikasi pemulihan data dan berikan izin yang diperlukan untuk mengakses data di perangkat Anda.
  3. Pilih opsi untuk memulihkan data WhatsApp atau chat yang dihapus.
  4. Aplikasi akan memindai perangkat Anda dan mencari data yang dapat dipulihkan.
  5. Tunggu proses pemindaian selesai dan lihat hasilnya.
  6. Jika chat yang dihapus ditemukan, Anda dapat memilih untuk memulihkannya ke dalam aplikasi WhatsApp Anda.

Perlu diingat bahwa penggunaan aplikasi pemulihan datapada umumnya memerlukan akses root pada perangkat Android. Ini berarti Anda perlu mengatur ulang perangkat Anda dan melakukannya dengan risiko sendiri. Pastikan untuk melakukan penelitian yang teliti sebelum menggunakan aplikasi pemulihan data dan pastikan untuk memilih yang terpercaya dan dapat diandalkan.

Meminta Chat Kembali dari Kontak Pengirim

Jika chat yang dihapus penting dan Anda tidak dapat memulihkannya melalui metode di atas, Anda dapat meminta kontak pengirim untuk mengirim ulang chat tersebut. Meskipun ini mungkin memakan waktu, tetapi setidaknya Anda dapat mendapatkan kembali informasi yang hilang.

Untuk meminta chat kembali, Anda perlu menghubungi kontak pengirim melalui WhatsApp atau melalui metode komunikasi lainnya. Jelaskan dengan jelas kepada mereka bahwa chat yang dihapus berisi informasi penting yang perlu Anda pulihkan. Mintalah mereka untuk mengirim ulang chat tersebut atau memberikan informasi penting yang mungkin hilang.

Ingatlah bahwa kontak pengirim mungkin tidak memiliki salinan chat yang dihapus atau mungkin tidak dapat mengakses chat tersebut. Oleh karena itu, pastikan untuk menjelaskan situasi dengan sopan dan menghormati privasi mereka.

Menggunakan Fitur Unduhan Data WhatsApp

WhatsApp menyediakan fitur unduhan data yang memungkinkan Anda mengunduh semua data percakapan Anda. Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat melihat kembali chat yang telah dihapus. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi WhatsApp di perangkat Anda.
  2. Pergi ke pengaturan dengan mengetuk ikon tiga titik vertikal di pojok kanan atas layar dan memilih “Pengaturan”.
  3. Pilih opsi “Akun” dan kemudian pilih “Unduh Data” atau “Download My Data”.
  4. Anda akan diarahkan ke halaman web di mana Anda dapat meminta unduhan data WhatsApp Anda.
  5. Ikuti petunjuk di halaman web untuk menyelesaikan proses permintaan unduhan.
  6. Tunggu beberapa waktu hingga WhatsApp menghasilkan file unduhan data Anda.
  7. Setelah file unduhan tersedia, Anda akan menerima pemberitahuan di aplikasi WhatsApp.
  8. Buka aplikasi WhatsApp dan unduh file unduhan data tersebut.
  9. Setelah file unduhan terbuka, Anda dapat menjelajahi isi percakapan Anda dan melihat kembali chat yang telah dihapus.

Perlu diingat bahwa proses unduhan data WhatsApp mungkin memakan waktu tergantung pada jumlah percakapan yang Anda miliki dan kecepatan internet Anda. Selain itu, file unduhan data akan berisi semua percakapan yang pernah ada, termasuk chat yang tidak terhapus. Anda perlu mencari chat yang dihapus secara manual dalam file unduhan data tersebut.

Menggunakan Aplikasi Penyimpanan Cloud

Jika Anda telah mengaktifkan sinkronisasi chat WhatsApp dengan aplikasi penyimpanan cloud seperti Google Drive atau Dropbox, Anda dapat mencari chat yang dihapus di dalam aplikasi tersebut. Di sini, kami akan memberikan langkah-langkah umum untuk mencari chat yang dihapus di Google Drive:

  1. Buka aplikasi Google Drive di perangkat Anda.
  2. Pastikan Anda sudah masuk ke akun Google yang sama yang Anda gunakan di WhatsApp.
  3. Di dalam Google Drive, cari folder “WhatsApp” atau “WhatsApp Backup”.
  4. Buka folder tersebut dan cari file backup yang sesuai dengan tanggal dan waktu ketika chat dihapus.
  5. Pilih file backup dan unduh ke perangkat Anda.
  6. Setelah unduhan selesai, buka file backup menggunakan aplikasi file manager atau aplikasi WhatsApp.
  7. Anda dapat menjelajahi isi file backup untuk menemukan chat yang dihapus dan melihat kembali percakapan tersebut.

Penting untuk dicatat bahwa langkah-langkah ini dapat bervariasi tergantung pada aplikasi penyimpanan cloud yang Anda gunakan. Pastikan untuk mengikuti petunjuk aplikasi penyimpanan cloud yang Anda pilih dan mencari opsi untuk mengakses file backup WhatsApp.

Menghubungi Dukungan WhatsApp

Jika semua upaya di atas gagal dan chat yang dihapus sangat penting, Anda dapat menghubungi tim dukungan WhatsApp. Mereka mungkin dapat membantu memulihkan chat tersebut. Namun, perlu diingat bahwa ini bukanlah metode yang dijamin berhasil.

Untuk menghubungi tim dukungan WhatsApp, Anda perlu mengirimkan permintaan bantuan melalui aplikasi WhatsApp. Buka aplikasi WhatsApp dan pergi ke pengaturan dengan mengetuk ikon tiga titik vertikal di pojok kanan atas layar. Pilih “Bantuan” atau “Help” dan cari opsi untuk menghubungi tim dukungan. Ikuti petunjuk yang muncul di layar untuk mengirimkan permintaan bantuan Anda.

Perlu diingat bahwa respon dari tim dukungan WhatsApp mungkin memakan waktu dan tidak ada jaminan bahwa mereka dapat memulihkan chat yang dihapus. Namun, ini adalah upaya terakhir yang dapat Anda lakukan jika chat yang dihapus sangat penting dan tidak dapat dipulihkan melalui metode lainnya.

Menyimpan Informasi Penting dengan Baik

Untuk menghindari kehilangan informasi penting di masa depan, sangat dianjurkan untuk menyimpan informasi tersebut di tempat yang aman. Misalnya, Anda dapat mencatat nomor telepon, alamat, atau hal penting lainnya di aplikasi pengingat atau mencadangkannya ke aplikasi cloud seperti Google Keep atau Evernote. Dengan cara ini, Anda tidak perlu khawatir jika chat WhatsApp yang berisi informasi penting terhapus.

Pastikan untuk membuat salinan cadangan informasi penting Anda secara teratur dan menyimpannya di tempat yang aman. Hal ini dapat membantu Anda menghindari kehilangan informasi jika terjadi situasi di mana riwayat chat WhatsApp dihapus tanpa disengaja.

Dalam artikel ini, kami telah membahas beberapa cara untuk melihat kembali riwayat chat WhatsApp yang sudah dihapus tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Namun, penting untuk diingat bahwa tidak ada metode yang dijamin berhasil dan setiap langkah tergantung pada situasi dan pengaturan perangkat Anda. Selain itu, pastikan untuk melakukan backup data secara rutin agar dapat dengan mudah memulihkan riwayat chat yang dihapus di masa mendatang. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu Anda mengatasi masalah kehilangan riwayat chat WhatsApp.