Beranda » Tekno » Cara Download Video di Instagram Tanpa Aplikasi

Cara Download Video di Instagram Tanpa Aplikasi

Instagram (IG) adalah salah satu platform media sosial yang paling populer di dunia saat ini. Dengan lebih dari satu miliar pengguna aktif setiap bulannya, Instagram menawarkan berbagai fitur menarik, termasuk kemampuan untuk mengunggah dan membagikan foto serta video. Namun, sayangnya, Instagram tidak menyediakan opsi resmi untuk mengunduh video secara langsung dari aplikasinya. Oleh karena itu, bagi pengguna yang ingin menyimpan video dari Instagram ke perangkat mereka, mereka perlu menggunakan metode alternatif yang akan kita bahas dalam artikel ini.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara download video di Instagram tanpa aplikasi tambahan. Kami akan menjelaskan berbagai metode yang dapat Anda gunakan, mulai dari menggunakan situs web pengunduh video, ekstensi browser, hingga aplikasi pihak ketiga yang tersedia. Dengan mengikuti langkah-langkah yang kami berikan, Anda akan dapat dengan mudah menyimpan video favorit Anda dari Instagram ke perangkat Anda dan menikmatinya kapan saja, tanpa perlu koneksi internet.

Menggunakan Situs Web Pengunduh Video Instagram

Metode pertama yang akan kita bahas adalah menggunakan situs web pengunduh video Instagram. Ada banyak situs web yang menawarkan layanan ini, dan berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Instagram dan Temukan Video yang Ingin Diunduh

Langkah pertama adalah membuka aplikasi Instagram dan mencari video yang ingin Anda unduh. Anda dapat menjelajahi beranda, melihat cerita pengguna, atau mencari video dengan menggunakan fitur pencarian di aplikasi.

2. Salin Tautan Video

Setelah Anda menemukan video yang ingin Anda unduh, langkah berikutnya adalah menyalin tautan video tersebut. Untuk melakukannya, ketuk tombol tiga titik di pojok kanan atas postingan video, lalu pilih opsi “Salin Tautan”.

3. Buka Situs Web Pengunduh Video Instagram

Selanjutnya, buka salah satu situs web pengunduh video Instagram seperti “InstaDownloader” atau “SaveFrom” di browser perangkat Anda. Situs web ini dirancang khusus untuk mengunduh video dari Instagram.

4. Tempelkan Tautan Video di Kolom Pengunduhan

Setelah membuka situs web pengunduh video Instagram, cari kolom pengunduhan atau tempelkan tautan video yang telah Anda salin sebelumnya. Biasanya, kolom pengunduhan ini berada di bagian tengah atau atas situs web tersebut.

5. Pilih Format dan Kualitas Video

Setelah Anda memasukkan tautan video, situs web pengunduh video Instagram akan memberikan pilihan format dan kualitas video yang dapat Anda pilih. Format video yang umumnya tersedia adalah MP4 dan MKV, sementara kualitasnya dapat mencakup 360p, 720p, atau 1080p.

6. Klik Tombol “Unduh” dan Tunggu Hingga Selesai

Setelah Anda memilih format dan kualitas video yang diinginkan, klik tombol “Unduh” atau “Download” di situs web tersebut. Tunggu beberapa saat hingga proses pengunduhan selesai. Waktu yang diperlukan untuk mengunduh video tergantung pada ukuran dan kualitas video yang dipilih, serta kecepatan internet Anda.

7. Akses Video di Perangkat Anda

Setelah proses pengunduhan selesai, video akan secara otomatis tersimpan di perangkat Anda. Anda dapat mengaksesnya melalui galeri foto atau aplikasi pengelola file di perangkat Anda. Dari sana, Anda dapat menonton video kapan saja, bahkan tanpa koneksi internet.

Menggunakan situs web pengunduh video Instagram adalah salah satu cara termudah dan cepat untuk mengunduh video dari Instagram. Namun, perlu diingat bahwa beberapa situs web mungkin mengandung iklan atau meminta Anda untuk mengaktifkan notifikasi di perangkat Anda. Pastikan untuk memilih situs web yang tepercaya dan berhati-hati terhadap iklan yang muncul.

Menggunakan Ekstensi Browser

Metode berikutnya yang dapat Anda gunakan untuk mengunduh video di Instagram tanpa aplikasi tambahan adalah dengan menggunakan ekstensi browser. Ekstensi browser adalah plugin kecil yang dapat Anda pasang pada browser perangkat Anda untuk menambahkan fungsi tambahan.

1. Buka Instagram dan Temukan Video yang Ingin Diunduh

Seperti pada metode sebelumnya, langkah pertama adalah membuka aplikasi Instagram dan mencari video yang ingin Anda unduh. Pastikan Anda telah memperbarui aplikasi Instagram ke versi terbaru untuk memastikan kompatibilitas dengan ekstensi browser yang akan Anda gunakan.

2. Salin Tautan Video

Setelah menemukan video yang ingin Anda unduh, salin tautan video tersebut dengan cara mengetuk tombol tiga titik di pojok kanan atas postingan video, lalu pilih opsi “Salin Tautan”.

3. Pasang Ekstensi Browser

Selanjutnya, buka browser perangkat Anda dan kunjungi toko ekstensi browser seperti Chrome Web Store atau Mozilla Add-ons. Cari ekstensi yang sesuai dengan browser yang Anda gunakan, misalnya “Downloader for Instagram” atau “Video Downloader for Instagram”.

4. Instal dan Aktifkan Ekstensi

Setelah menemukan ekstensi yang sesuai, klik tombol “Instal” atau “Tambahkan ke Chrome” (jika menggunakan Chrome) untuk memasang ekstensi tersebut pada browser Anda. Tunggu beberapa saat hingga proses instalasi selesai, lalu aktifkan ekstensi dengan mengklik ikonnya di bilah alat browser Anda.

5. Tempelkan Tautan Video di Ekstensi Browser

Setelah ekstensi terpasang dan diaktifkan, buka tab baru di browser Anda. Cari ikon ekstensi yang telah terpasang di bilah alat browser, biasanya berada di pojok kanan atas. Klik ikon ekstensi tersebut, lalu tempelkan tautan video yang telah Anda salin sebelumnya di kolom pengunduhan di ekstensi tersebut.

6. Pilih Format dan Kualitas Video

Setelah Anda memasukkan tautan video, ekstensi browser akan menampilkan pilihan format dan kualitas video yang dapat Anda pilih. Pilihlah format dan kualitas yang sesuai dengan preferensi Anda.

7. Klik Tombol “Unduh” dan Tunggu Hingga Selesai

Setelah Anda memilih format dan kualitas video, klik tombol “Unduh” atau “Download” di ekstensi browser tersebut. Tunggu beberapa saat hingga proses pengunduhan selesai. Video akan secara otomatis disimpan di folder yang telah ditentukan oleh pengaturan ekstensi browser.

8. Akses Video di Perangkat Anda

Setelah proses pengunduhan selesai, Anda dapat mengakses video yang telah diunduh di perangkat Anda melalui galeri foto atau aplikasi pengelola file. Dari sana, Anda dapat menonton video kapan saja, bahkan tanpa koneksi internet.

Menggunakan ekstensi browser memungkinkan Anda untuk mengunduh video di Instagram dengan lebih cepat dan mudah, tanpa perlu membuka situs web pengunduh setiap kali Anda ingin mengunduh video. Namun, perlu diingat bahwa ekstensi browser hanya tersedia untuk browser tertentu, dan Anda perlu memastikan bahwa ekstensi yang Anda pilih kompatibel dengan browser yang Anda gunakan.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda lebih suka menggunakan aplikasi daripada situs web atau ekstensi browser, ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang dapat Anda gunakan untuk mengunduh video di Instagram. Berikut adalah beberapa aplikasi populer yang dapat Anda temukan di Google Play Store atau App Store:

1. “Video Downloader for Instagram”

Aplikasi ini menyediakan antarmuka sederhana yang memungkinkan Anda mengunduh video Instagram dengan mudah. Anda hanya perlu menyalin tautan video dan menempelkannya di dalam aplikasi ini. Aplikasi ini juga memberikan opsi untuk mengunduh foto dari Instagram.

2. “InstaSave”

Aplikasi ini tidak hanya memungkinkan Anda mengunduh video dari Instagram, tetapi juga foto. Anda dapat mengelola semua konten yang telah diunduh di dalam aplikasi ini, sehingga memudahkan Anda untuk mengatur dan mengakses video dan foto yang telah disimpan.

3. “Repost for Instagram”

Selain dapat mengunduh video dari Instagram, aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk mengunggah ulang konten ke akun Instagram Anda sendiri. Fitur ini berguna jika Anda ingin membagikan video yang diunduh dengan pengikut Anda.

4. “FastSave”

Aplikasi ini menawarkan pengunduhan video dan foto Instagram dengan cepat dan mudah. Anda dapat mengaktifkan mode pengunduhan otomatis, sehingga setiap video yang Anda tonton di Instagram akan secara otomatis diunduh ke perangkat Anda.

5. “Video Downloader – for Instagram Repost App”

Aplikasi ini memiliki fitur unduh video dan repost yang memungkinkan Anda mengunduh video dari Instagram dan juga mengunggah ulangnya ke akun Instagram Anda. Anda juga dapat mengedit video sebelum mengunggah ulangnya.

Setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pastikan Anda membaca ulasan pengguna dan memeriksa reputasi aplikasi sebelum mengunduhnya. Selain itu, pastikan juga untuk memperhatikan izin yang diminta oleh aplikasi dan mematuhi aturan penggunaan konten yang berlaku saat mengunggah ulang video dari Instagram.

Tips Tambahan

Di samping metode-metode di atas, berikut adalah beberapa tips tambahan yang mungkin berguna saat Anda ingin mengunduh video di Instagram:

1. Pastikan Mematuhi Hak Cipta dan Aturan Penggunaan Konten

Sebelum mengunduh dan menggunakan video dari Instagram, penting untuk memastikan bahwa Anda mematuhi hak cipta dan aturan penggunaan konten yang berlaku. Jangan mengunduh atau mengunggah ulang video yang dilindungi hak cipta tanpa izin dari pemiliknya.

2. Sesuaikan Metode dengan Preferensi dan Perangkat Anda

Ada berbagai metode yang dapat Anda pilih untuk mengunduh video di Instagram. Pilihlah metode yang paling sesuai dengan preferensi Anda dan perangkat yang Anda gunakan. Jika Anda lebih suka menggunakan situs web pengunduh, pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil. Jika Anda ingin mengunduh video secara otomatis, mungkin menggunakan aplikasi pihak ketiga dengan mode pengunduhan otomatis adalah pilihan terbaik.

3. Periksa Ulasan dan Reputasi Situs Web atau Aplikasi

Sebelum menggunakan situs web atau mengunduh aplikasi pihak ketiga, pastikan Anda memeriksa ulasan pengguna dan reputasi situs web atau aplikasi tersebut. Hal ini penting untuk memastikan keamanan dan keandalan situs web atau aplikasi yang Anda gunakan. Hindari situs web atau aplikasi yang memiliki ulasan negatif atau reputasi yang meragukan.

4. Simpan Video untuk Penggunaan Pribadi

Video yang Anda unduh dari Instagram sebaiknya hanya digunakan untuk penggunaan pribadi. Jangan menyebarkan video tersebut tanpa izin dari pemiliknya. Menghormati hak cipta dan privasi orang lain adalah hal yang penting dalam menggunakan konten yang ada di Instagram.

5. Gunakan Fitur Resmi Jika Tersedia

Meskipun Instagram tidak menyediakan opsi resmi untuk mengunduh video, tetapi aplikasi ini telah menyediakan berbagai fitur lain yang dapat digunakan untuk berinteraksi dengan video. Anda dapat menyimpan video ke koleksi Anda, mengirimkannya ke teman melalui Direct Message, atau membagikannya di cerita Anda jika pemilik video mengizinkannya. Gunakan fitur-fitur ini jika Anda hanya ingin menyimpan video untuk referensi pribadi atau berbagi dengan pengguna lain di dalam aplikasi.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, ada berbagai cara yang dapat Anda gunakan untuk mengunduh video di Instagram tanpa aplikasi tambahan. Anda dapat menggunakan situs web pengunduh video Instagram, ekstensi browser, atau aplikasi pihak ketiga yang tersedia di toko aplikasi. Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi pilihlah metode yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

Ingatlah untuk selalu mematuhi hak cipta dan aturan penggunaan konten yang berlaku saat menggunakan video dari Instagram. Dengan mengikuti panduan dan tips yang kami berikan, Anda dapat dengan mudah mengunduh video favorit Anda dan menikmatinya kapan saja, bahkan tanpa koneksi internet. Selamat mencoba!